Pemprov Jakarta Bakal Alihkan Anggaran KJP untuk Sekolah Swasta Gratis Tahun Depan

Jumat, 23 Agustus 2024 | 21:37 WIB   Reporter: kompas.com
Pemprov Jakarta Bakal Alihkan Anggaran KJP untuk Sekolah Swasta Gratis Tahun Depan

ILUSTRASI. Pelajar penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) menunjukkan buku rekening dan kartu ATM Bank DKI bagi peserta program KJP, di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (24/11/2020). Pemprov Jakarta bakal alihkan anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) ke program sekolah swasta gratis pada 2025.


BANTUAN SOSIAL - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta bakal mengalihkan anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) ke program sekolah swasta gratis pada 2025.

"(Anggaran) untuk KJP otomatis kami alihkan ke sana (sekolah swasta gratis). Juli tahun ajaran baru," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Budi Awaluddin di Gedung DPRD Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024).

Budi menuturkan, DPRD Komisi E juga mendukung kebijakan ini dan anggaran pun cukup tersedia untuk pemenuhan sekolah swasta gratis di tahun 2025.

"(Total anggaran) masih kami dalami, angkanya sudah bisa meng-cover semua dari anggaran KJP itu," papar dia.

Baca Juga: Cair Bulan Agustus Ini, Berikut Syarat dan Cara Cek Penerima PKH

Meski anggaran masih belum final, kata Budi, Disdik telah melakukan klasifikasi sekolah yang akan diajak kerja sama.

Totalnya, ada 2.900 sekolah swasta se-Jakarta dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang akan digandeng Pemprov.

"Kalau sekolah swasta itu jumlahnya ada 5.895, yang tidak menerima dana BOS itu sekitar 495. Jadi sekitar 2.900-an kami akan gratiskan, dari SD, SMP, SMA sampai SMK," kata Budi.

Budi menjelaskan, sekolah swasta yang tidak diajak dalam program ini adalah sekolah yang memiliki grade paling tinggi.

"Karena klaster 4 dan 5 (grade tinggi) tidak mungkin kami berikan bantuan sekolah gratis karena mereka tidak menerima dana BOS," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengimbau Disdik agar memperketat dan mengevaluasi sekolah swasta yang tergabung dalam program sekolah gratis.

Sebab, ia khawatir ada sekolah yang hanya memanfaatkan program, tetapi tidak mengutamakan kegiatan belajar mengajar.

"Terutama di sekolah-sekolah swasta ini jangan yang kaleng-kaleng di semua jenjangnya. Sekolah gratis ini harus benar-benar terkoordinir, terkontrol dengan baik," ujar Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Mengukur Efektivitas Program Makan Gratis 2025 Senilai Rp 71 Triliun

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggaran KJP Bakal Dialihkan untuk Sekolah Swasta Gratis Tahun Depan", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/08/23/21244491/anggaran-kjp-bakal-dialihkan-untuk-sekolah-swasta-gratis-tahun-depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru