Pemprov NTB siapkan angkutan darat dan laut gratis untuk mobilisasi penonton WSBK

Jumat, 19 November 2021 | 21:34 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pemprov NTB siapkan angkutan darat dan laut gratis untuk mobilisasi penonton WSBK

ILUSTRASI. Pembalap Indonesia yang tergabung dalam tim Ten Kate Racing Yamaha WSS Galang Hendra Pratama (55) melaju bersama para pembalap lainnya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 3.000 orang personel gabungan TNI  dan Polri akan menjaga keamanan selama berlangsungnya WSBK seri pamungkas musim 2021 ini. Selain itu, para penonton juga harus melewati tahapan screening untuk mencegah penularan Covid-19 dengan uji usap antigen atau PCR.

Untuk memudahkan mobilisasi penonton menuju arena sirkuit, Pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan moda angkutan darat dan laut gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Mohamad Faozal mengatakan, Pemprov NTB telah menyiapkan sembilan unit bus besar berkapasitas 40 kursi untuk mengantar penonton ke Sirkuit Mandalika. "Pemegang tiket WSBK  tidak perlu membayar ongkos bus," kata Lalu dalam keterangannya, Jumat (19/11).

Baca Juga: Tercatat ada 20 pebalap yang mengikuti sesi latihan hari pertama WSBK

Transportasi ini hadir di Bandara International Lombok untuk mengantarkan para penonton di Sirkuit Mandalika. Bus medium berkapasitas 30 kursi juga hadir di Lombok Epicentrum Mall dengan tujuan Sirkuit Mandalika.

Sebanyak 61 unit minibus juga disiagakan di empat koridor, yakni di Terminal Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur dan Pelabuhan Bangsal Lombok Utara. Pemegang tiket WSBK tak perlu bayar.

"Kami juga sudah persiapkan kapal cepat sebanyak sembilan unit untuk melayani rute Padangbai menuju Pelabuhan Lembar dan sebaliknya. Juga melayani rute Lombok-Sumbawa dan sebaliknya," katanya.

Sementara itu ada 46 unit shuttle bus ini dikhususkan untuk melayani pengguna kendaraan pribadi. Mereka yang melewati Bypass BIL-The Mandalika akan diarahkan parkir di dekat Bundaran Songgong yang merupakan ujung bypass. Kantong parkir ini luasnya 10 hektare.

Baca Juga: PPKM longgar, pariwisata Mandalika kembali berdenyut

"Untuk pengguna kendaraaan pribadi dari jalur lama Sengkol- The Mandalika akan diarahkan parkir di dekat Masjid Nurul Bilad seluas 2,4 hektar. Dari kantong parkir, penonton yang menggunakan kendaraan pribadi akan dilayani shuttle bus ke lokasi sirkuit, begitu sebaliknya," kata Faozal.

Selanjutnya: Tercatat ada 20 pebalap yang mengikuti sesi latihan hari pertama WSBK

Editor: Yudho Winarto
Tag
Terbaru