Penderita DBD di Sikka NTT meningkat, tiga meninggal dunia

Sabtu, 02 Maret 2019 | 09:41 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Penderita DBD di Sikka NTT meningkat, tiga meninggal dunia


PENYAKIT PANCAROBA - MAUMERE. Jumlah penderita demam berdarah dengue ( DBD) di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus meningkat. Peningkatan pasien DBD terhitung dari awal tahun 2019 sampai awal Maret ini. 

"Dari Januari sampai hari ini ada 125 kasus DBD, itu tersebar di 19 kecamatan. Paling banyak kasus di kecamatan Alok, Alok Timur, Alok Barat, dan Kangae," jelas Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka Maria BS Nenu kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Sabtu (2/3).

"Dari 125 kasus itu, ada tiga orang meningggal karena DBD. Tiga orang itu dari Kecamatan Ewokloang, Paga, dan Kecamatan Alok," tambah Maria.

Ia menjelaskan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka sudah melakukan sistem kewaspadaan dini. Mulai dari bulan September 2018, imbauan dan instruksi Bupati telah diteruskan kepada para camat, dari Kepala Dinas Kesehatan kepada para kepala puskemas, juga tokoh-tokoh agama melalui gereja di Keuskupan Maumere.

Untuk para pimpinan wilayah, camat, lurah, kades, sampai dengan tingkat RT/RW dipesankan agar menggerakkan masyarakat membersihkan lingkungan, bagaimana menciptakan rumah yang bebas jentik, dan pantau jentik.

"Itu harus dilakukan terus-menerus, dan mulai September tiap bulan itu kami mengeluarkan sistem kewaspadaan dini. Semua stakeholder harus bergerak memberantas DBD dan itu dilakukan secara terus menerus, tidak hanya satu kali. Kalau tidak, kasus DBD di Sikka tidak akan habis," jelasnya.(Nansianus Taris)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penderita DBD di Sikka Bertambah Jadi 125 Orang, Tiga Meninggal Dunia"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru