Pengamat menilai komposisi DPRD periode terbaru jadi tantangan buat Anies

Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:16 WIB Sumber: Kompas.com
Pengamat menilai komposisi DPRD periode terbaru jadi tantangan buat Anies

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta


DPRD DKI - JAKARTA. Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai komposisi DPRD di periode 2019-2024 cukup menantang bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Adapun sebanyak 106 anggota DPRD terpilih ini berasal dari 10 partai, yakni PDI-P, Gerindra, PKS, PAN, Golkar,Demokrat, Nasdem, PKB, PSI, dan PPP.

"Ya lumayan menantang lah ya, tapi saya yakin Anies pasti bisa menangani itu," ujar Hendri saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (13/8). 

Menurut Hendri, komposisi PDIP yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD tak akan berpengaruh untuk turunnya dukungan DPRD periode selanjutnya untuk Anies. 

Meski begitu masih ada Gerindra dan PKS yang masih menguasai kursi DPRD, meski kalah dengan jumlah kursi PDI-P. 

"Menurut saya masih bisa lah Anies menangani itu karena kan dengan sistem pemilihan umum yang kemarin itu kan dia (calon DPRD) yang terpilih. Sehingga jadi tantangan sendirilah buat mas Anies untuk bisa memantapkan kepemimpinannya," kata Hendri. 

Menurut dia, adanya delapan kursi dari PSI sebagai pendatang baru tak membuat kinerja Anies luntur untuk bekerja sama dengan anggota DPRD. 

"Selama ini Anies juga mampu 'bekerja sama' dengan DPRD, kan bedanya yang sekarang dengan yang akan datang hanya Hanura digantikan PSI. Jadi tidak masalah ya," katanya. 

Hendri menilai dari 106 anggota DPRD terpilih yang baru, masih ada 50 anggota yang mendukung Anies. 

"Jumlah pendukung Anies itu ada 50 kursi dari 106 kursi, memang tantantangannya lumayan luar biasa itu karena 106 kursi," ucapnya. 

Adapun, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta terpilih periode 2019-2024 pada Senin (12/8). (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamat Menilai Komposisi DPRD Periode Terbaru Jadi Tantangan Buat Anies "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru