Peringatan BMKG soal gelombang tinggi di perairan Kepulauan Riau

Rabu, 03 Februari 2021 | 11:42 WIB Sumber: Kompas.com
Peringatan BMKG soal gelombang tinggi di perairan Kepulauan Riau

ILUSTRASI. Awan pekat menyelimuti langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (4/6/2020). Peringatan BMKG soal gelombang tinggi di perairan Kepulauan Riau.


CUACA EKSTREM - BATAM. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi gelombang tinggi dan kecepatan angin di sekitar perairan Kepulauan Riau (Kepri).

Dikutip dari laman bmkg.go.id, Rabu (3/2/2021), disebutkan bahwa BMKG mengeluarkan peringatan selama 3 hari ke depan mengenai adanya potensi angin kencang, khususnya di perairan Natuna, Anambas serta sekitarnya.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Arditho menjelaskan, ketinggian gelombang di sekitar perairan Natuna dan Anambas bisa mencapai 4 meter.

“Ketinggian ini bisa saja terjadi hingga tiga hari ke depan, bahkan hingga seminggu ke depan,” kata Arditho melalui telepon, Rabu.

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek hujan ringan, sebagian Jakarta hujan sedang-lebat

Ia berharap, para nelayan dan pelaku jasa transportasi waspada dan berhati-hati. Kemudian apalbila memang tidak memungkinkan untuk melakukan pelayaran, disarankan untuk balik arah dan menunggu sampai cuaca tenang dan bersahabat.

Tidak saja di Natuna dan Anambas, menurut Arditho, ketinggian gelombang di perairan Lingga dalam beberapa hari ini juga harus diperharikan, karena maksimum mencapai 2 meter.

"Perairan utara Bintan patut diwaspadai. Gelombang bisa mencapai 2,5 hingga 3 meter," kata Arditho.

Kendati demikian, perairan Tanjungpinang- Batam cenderung aman bagi pelayaran. Di Perairan Batam-Bintan, maksimum ketinggian gelombang antara 1-1,3 meter.

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jawa dan Bali: Surabaya hujan petir, Bandung hujan ringan

Pengamatan BMKG, kecepatan angin di Pulau Bintan dan sekitarnya antara 35 hingga 40 kilometer/jam. "Kecepatan angin ini menjadi salah satu faktor peningkatan ketinggian gelombang," kata Arditho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri",
Penulis : Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor : Abba Gabrillin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru