Peristiwa

PLN pulihkan sistem listrik fasilitas umum termasuk rumah sakit di Sulawesi Barat

Minggu, 17 Januari 2021 | 21:12 WIB   Reporter: Filemon Agung
PLN pulihkan sistem listrik fasilitas umum termasuk rumah sakit di Sulawesi Barat

Pegawai PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak pascagempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (17/1/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara memastikan telah memulihkan sistem kelistrikan sejumlah fasilitas umum termasuk rumah sakit pascagempa yang melanda wilayah Sulawesi Barat pada Jumat (15/1).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid mengungkapkan PLN telah berhasil menyalakan listrik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju pada Sabtu (16/1) malam dan Rumah Sakit Regional Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Minggu (17/1).

“Rumah sakit memang menjadi prioritas kami dalam melakukan pemulihan kelistrikan. Ini menjadi titik vital, khususnya untuk memberikan perawatan kepada korban, ditambah lagi di RSUD Mamuju ini juga menjadi posko pengungsi gempa,” ucap Hafid dalam keterangan resmi di lansir dari situs resmi PLN, Minggu (17/1).

Hafid melanjutkan, PLN juga tengah berupaya memulihkan listrik RS Bhayangkara Mamuju. Untuk saat ini, kebutuhan listrik dipasok menggunakan genset. Hafid memastikan, pihaknya berupaya agar hari ini dapat segera dirampungkan untuk pemulihan listrik RS Bhayangkara.

Baca Juga: Pertamina imbau warga Sulbar beli BBM di SPBU, antisipasi lonjakan harga di pengecer

Kepala Bidang Perencanaan RSUD Mamuju, Wahyu, menyampaikan bahwa hadirnya listrik sangat dibutuhkan oleh rumah sakit untuk memberikan pertolongan dan perawatan kepada pasien korban gempa. “Rata-rata pasien yang masuk memerlukan operasi dan tentu membutuhkan tenaga listrik. Sebelumnya kami menggunakan genset, sekarang kami sangat terbantu dengan adanya listrik dari PLN. Terima kasih kepada PLN,” tutur Wahyu.

Selain rumah sakit, secara bertahap PLN telah memenuhi kebutuhan pasokan listrik di beberapa lokasi vital diantaranya posko-posko pengungsian, Markas Kepolisian Daerah Sulbar, Posko Komando Distrik Militer Bandara Tampa Padang, Posko Stadion Manakarra, Telkom, serta sebagian Penerangan Jalan Umum Kota Mamuju.

Baca Juga: BNPB: Rumah rusak terdampak gempa Sulbar akan diberi stimulun hingga Rp 50 juta

Hingga Sabtu (16/1) tengah malam, petugas PLN masih terus berupaya memulihkan kelistrikan terdampak gempa. Sejak Sabtu (16/1) sore, hingga Minggu (17/1) pagi, PLN kembali berhasil menyalakan tambahan 76 gardu, sehingga total gardu terdampak yang telah menyala sebanyak 628 gardu atau 72 persen dari total 872 gardu terdampak.

Kini lebih dari 64 ribu pelanggan dapat kembali menikmati listrik. “Hari ini kami akan berupaya menyelesaikan pemulihan jaringan di jalur utama dan lokasi vital lainnya. Mohon doa dari seluruh masyarakat,” pungkas Hafid.

PLN masih terus berupaya memulihkan kelistrikan terdampak gempa antara lain di Tapalang Barat, Simkep, Ulumanda, serta sebagian Tapalang, Malunda dan Mamuju.

Baca Juga: Viral video bantuan gempa dijarah, ini kata Mensos Risma

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru