Presiden Jokowi sumbang sapi jawa seberat 1 ton untuk warga Surabaya

Jumat, 09 Agustus 2019 | 16:06 WIB Sumber: Kompas.com
Presiden Jokowi sumbang sapi jawa seberat 1 ton untuk warga Surabaya


IDUL ADHA - SURABAYA. Presiden Joko Widodo berkurban seeokor sapi untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, pada Hari Raya Idul Adha. Informasi yang dihimpun dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menyebutkan, berat sapi Jokowi yang akan disembelih di Surabaya seberat 1 ton.

"Jenis sapinya peranakan Ongole atau sapi Jawa yang dibeli dari peternak asal Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Wemmi Niamawati, Jumat (9/8).

Tinggi badan sapi berumur 4 tahun tersebut setinggi 160 sentimeter, dengan panjang badan 176 sentimeter, dan lingkar dada 226 sentimeter. "Setiap tahun, Pak Jokowi selalu berkurban di Masjid Agung Surabaya," kata Wemmi.

Sementara itu, Helmi Muhammad Nur yang merupakan Humas Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, membenarkan bahwa Presiden Jokowi mengirim seekor sapi untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar di Surabaya.

"Jika tidak ada halangan, Jumat sore, sapi sudah dikirim dan diikat di halaman Masjid," kata Helmi.

Selain sapi dari Jokowi, 3 ekor sapi milik pejabat utama Pemprov Jawa Timur rencananya juga akan disembelih di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Pertama sapi kurban milik Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Berat sapi milik Khofifah sedikit di bawah sapi Jokowi, yakni 1 ton.

Jenisnya sapi Peranakan Ongole, berusia 4 tahun yang dibeli dari peternak Desa Takerharjo, Kecamatan Selokuro, Kabupaten Lamongan. "Sapi Ibu Gubernur adalah juara kontes sapi Jawa Timur 2018," kata Wemmi.

Sapi kedua adalah sapi milik Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak seberat 950 kilogram. Sementara sapi ketiga, adalah sapi milik Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Heru Cahyono seberat 750 kilogram. ( Achmad Faizal)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Sumbang Sapi Jawa Seberat 1 Ton untuk Warga Surabaya", 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru