Umum

Penataan Kampung Seni Borobudur Rampung, Masyarakat Sekitar dapat Dukungan

Senin, 30 September 2024 | 09:25 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Penataan Kampung Seni Borobudur Rampung, Masyarakat Sekitar dapat Dukungan

ILUSTRASI. Kampung Seni Borobudur


CANDI BOROBUDUR - JAKARTA. PT Brantas Abipraya telah merampungkan pembangunan Kampung Seni Borobudur pada September 2024. Kampung seni yang dilengkapi dengan museum ini merupakan proyek strategis nasional untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur.

Kampung ini ditetapkan sebagai  proyek strategis nasional untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur. Aktivitas penataan sudah dimulai sejak groundbreaking dilaksanakan pada November 2023 dan direncanakan akan diresmikan pada Oktober mendatang.

Kampung Seni Borobudur dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektare (ha) yang dilengkapi dengan akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti amphitheater (gelanggang terbuka untuk pertunjukan seni), museum, pasar seni cinderamata, kuliner, parkir, dan shuttle.

Baca Juga: Injourney Tata Ulang Kawasan Borobudur Jadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

“Sebagian area dari kampung seni ini nantinya digunakan sebagai area perdagangan, memuat semua pedagang yang semula ada di zona 2 dan area tersebut juga sebagai area parkir kendaraan pengunjung candi,” kata Purnomo, Direktur Operasi II Brantas Abipraya dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/9).

Sementara itu, Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya mengatakan, selain telah menyelesaikan pembangunan proyek tersebut, pihaknya juga melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di sekitar area Kampung Seni Kujon.

Ia bilang  Brantas Abipraya berkomitmen tidak hanya menunjukkan kehadirannya tak hanya melalui karya infrastruktur, namun juga dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Program TJSL yang kami laksanakan ini sedikit untuk membantu memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi dan sosial lingkungan di sekitar area kampung seni kujon, karena dalam hal ini secara tidak langsung masyarakat sekitar kampung seni kujon telah sepenuhnya mendukung terlaksananya Pembangunan proyek kampung seni Borobudur ini ,” ujar Dian.

Baca Juga: Dukung Sektor Pariwisata, Pemerintah Gencarkan Pembangunan Bandara di Daerah Wisata

Saat ini Kampung Seni Borobudur sudah mulai dioperasikan, dan para pelaku usaha atau pedagang sudah mulai berjualan pada area kios-kios yang telah dibangun. Namun, beberapa pekerjaan masih memasuki tahap pemeliharaan karena terdapat beberapa defect (keadaan belum sempurna).

Perbaikan juga dilakukan atas saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di beberapa area bangunan dan kawasan. Brantas Abipraya akan terus merespon cepat dengan melaksanakan perbaikan-perbaikan serta pemeliharaan pada beberapa area bangunan dan kawasan, guna menyempurnakan hasil pekerjaan. 

Selanjutnya: Sukses Setelah Usia 50: Belum Terlambat untuk Menjadi Kaya Raya

Menarik Dibaca: IHSG Dibuka Dengan Penurunan 0,7% Pada Senin Pagi (30/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru