Rekam jejak Cagub-Cawagub pada debat terakhir Pilkada Sumbar

Jumat, 04 Desember 2020 | 18:38 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Rekam jejak Cagub-Cawagub pada debat terakhir Pilkada Sumbar

ILUSTRASI. Pilgub Sumatera Barat


PILKADA - JAKARTA. Debat pamungkas pilkada Sumatera Barat (Sumbar) yang berlangsung, Kamis, (3/12/20), dapat menjadi acuan masyarakat melihat rekam jejak cagub dan cawagub salah satunya pasangan Mahyeldi- Audy Joinaldy.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang juga kader PKS saat menanggapi debat dengan tema pelayanan Publik dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Sumatra Barat.

"Paslon nomor 4 Mahyeldi- Audy Joinaldy sempat dipertanyakan terkait ranking nasional pelayanan publik di Padang pada ranking nomor 41 jauh di bawah dibanding Payakumbuh nomor 15 dan Bukittinggi nomor 29. Walaupun tidak gamblang dijawab oleh cagub nomor 4 tapi nomor 41 itu sudah bagus karena ranking itu untuk 500 lebih daerah se Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Jumat, (4/12).

Baca Juga: Debat Pilkada Tangsel: Paslon lebih banyak bicara dalam tatanan konsep

Ia melanjutkan, dalam pemaparannya, Mahyeldi menyebut di Sumbar hanya 3 daerah tersebut memiliki indeks pelayanan yang termasuk bagus.

"Sementara Agam, Pariaman, dan Padang Pariaman masih harus belajar untuk meningkatkan indeks pelayanan publiknya," ujar dia menyampaikam pandangan pendapat cagub Mahyeldi.

Riza pun menilai, dalam debat kemarin ada calon yang relatif objektif melihat pertanyaan dan  menjawabnya tapi ada juga calon yang langsung membantah dan terkesan menyembunyikan isu tersebut.

"Tentu dengan cara menjawabnya dengan bahasa yang menunjukkan bahwa dia mampu," papar dia.

Ia juga berpandangan, mayoritas terjebak dengan retorika seolah olah dia adalah eksekutor atau Bupati dan Wali Kota.

"Karena kita tahu pelayanan publik banyak menjadi domainnya Bupati dan Wali Kota, sementara Gubernur tidak bisa melayani semuanya karena bukan wewenangnya  Namun biarlah penonton dan rakyat mendiskusikannya," tandas dia.

Selanjutnya: Rahayu Saraswati keluhkan sulitnya DPRD Tangsel cek kinerja PT PITS

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru