Ribuan dosis vaksin Sinovac terbuang sia-sia di Aceh Tenggara, ini penyebabnya

Senin, 13 September 2021 | 15:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ribuan dosis vaksin Sinovac terbuang sia-sia di Aceh Tenggara, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Petugas medis mempersiapkan vaksin COVID-19 buatan Sinovac untuk diberikan kepada tenaga kesehatan Puskesmas Ulee Kareng di Banda Aceh, Aceh, Rabu (20/1/2021). ANTARA/Irwansyah Putra.

KONTAN.CO.ID - Sebanyak 1.921 dosis vaksin Sinovac untuk warga Kabupaten Aceh Tenggara harus terbuang sia-sia dan ada pula yang rusak. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (10/9) pekan lalu. 

Perinciannya, dari 1.921 dosis vaksin Sinovac yang terbuang itu, sebanyak 1.818 dosis tak terpakai. Kemudian sisanya sebanyak 103 dosis dinyatakan rusak. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Tenggara Sukri Manto mengatakan, data tersebut berasal dari Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tenggara tanggal 10 September 2021. 

Menurut Sukri Manto, banyak vaksin yang terbuang sia-sia lantaran pada awal-awal vaksinasi, masyarakat banyak yang takut atau tidak antusias untuk divaksin. 

Baca Juga: Satgas COVID-19 minta varian VoC virus corona perlu diwaspadai, ini alasannya

Padahal, vaksin yang dikirim dari pemerintah pusat itu berbentuk kemasan, di mana satu vial bisa untuk melakukan vaksinasi 10 orang. 

“Jadi, terkadang yang datang cuma enam orang, maka yang tidak terpakai juga jadi banyak,” kata Sukri Manto, Minggu (12/9), seperti dikutip Serambinews.com.  

Saat ini, vaksin yang terbaru satu vial isinya hanya dua dosis. “Sehingga, kalau untuk yang tidak terpakai, pasti sedikit dan beda dengan vaksin sebelumnya,” ujar Sukri Manto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ribuan Dosis Vaksin Sinovac Terbuang Sia-sia di Aceh Tenggara gara-gara Warga Enggan Divaksin"

Editor: Aprillia Ika

Selanjutnya: Tinjau vaksinasi di Jateng, Jokowi ingin pastikan semua berjalan lancar

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru