HOME

Ridwan Kamil dan Bupati Ende berkolaborasi bangun patung Bung Karno di NTT

Sabtu, 12 Juni 2021 | 22:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ridwan Kamil dan Bupati Ende berkolaborasi bangun patung Bung Karno di NTT

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan berkolaborasi dengan Bupati Ende Djafar Achmad dalam proyek pembangunan patung Presiden Soekarno di Nusa Tenggara Timur. Patung tersebut rencananya akan dibangun di Puncak Bukit Mega sebagai penghormatan atas jasa presiden pertama Indonesia itu.

Hal itu terungkap saat Djafar Achmad dan Ridwan Kamil bertemu di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (12/6).

Djafar mengatakan, kolaborasi itu tercetus lantaran saat diasingkan di Ende, Bung Karno dikelilingi tiga perempuan hebat asal Jawa Barat. Mereka adalah Inggit Garnasih istrinya, Ibu Amsi mertuanya, dan Ratna Djuami anak angkat Bung Karno.

“Dulu ketika Bung Karno di Ende ada tiga wanita asal Jabar yang memberikan peranan penting tak kenal lelah untuk selalu menyemangati,” ujar Djafar dalam siaran persnya, Sabtu (12/6).

Baca Juga: Melihat momen kedekatan Prabowo dan Megawati saat peresmian patung Bung Karno

Gayung bersambut, Ridwan Kamil pun menyetujui ide tersebut. Pemprov Jabar, kata dia, akan mengupayakan dukungan materi untuk proyek itu.

“Mungkin nanti juga akan dikolaborasikan patung Bung Karno-nya seperti apa, nanti ada sumbangan dari seluruh masyarakat Jabar di Ende. Ada rencana pelestarian budaya dan juga lomba mirip Bu Inggit dan Bung Karno, saya kira itu sangat baik,” kata Emil, sapaan akrabnya.

Ia menyebut, kerja sama dua daerah dengan sejarah panjang terkait perjalanan hidup Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih, akan membuka wawasan masyarakat tentang Pancasila dari sosok presiden pertama Indonesia.

“Pada saat Bung Karno di Ende diasingkan selama empat tahun ternyata yang menemaninya adalah tiga warga Jabar, Ibu Inggit, Ibu Amsi, dan Ibu Ratna anak angkatnya. Mereka yang menyemangati Bung Karno saat sedang diasingkan, dan akhirnya dalam renungannya merumuskan lahirnya kepancasilaan yang akhirnya resmi menjadi sebuah ideologi bangsa,” tuturnya.

“Jadi saya menduga peran di balik layar itulah yang sebenarnya menguatkan lahirnya Pancasila,” kata Emil.

Baca Juga: Mahfud: Pelanggaran konstitusi untuk kepentingan rakyat sudah ada sejak era Soekarno

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Pythag Kurniati

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Bakal Kolaborasi dengan Bupati Ende Bangun Patung Bung Karno".

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru