HOME

Rikando Somba-Yulis Sulistyawan Pimpin AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024

Senin, 12 April 2021 | 09:17 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Rikando Somba-Yulis Sulistyawan Pimpin AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024

ILUSTRASI. Konferwil AMSI Jakarta ke-2 Tahun 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemimpin Redaksi Validnews.id Rikando Somba dan Yulis Sulistyawan (Dewan Redaksi sekaligus General Manager Tribunnews.com) terpilih kembali sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI DKI Jakarta untuk periode 2021-2024.

Pemilihan berlangsung dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-2 Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta secara hybrid, luring dan daring. 

Pemilihan pasangan ketua-sekretaris yang berlangsung secara aklamasi ini, dihadiri 39 pemimpin redaksi atau perwakilan media online anggota AMSI DKI Jakarta, serta sejumlah Pengurus AMSI Pusat.

Baca Juga: Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menerima 2.725 suplemen dari Pyridam Farma

Sebelumya, saat membuka acara, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengingatkan tantangan yang dihadapi media online yang tergabung dalam AMSI. 

Wens menekankan media online harus terus mencari format baru dalam penyampaian berita dan pendekatan kepada narasumber. Ketua Umum AMSI itu juga mengingatkan, saat ini, semakin marak tokoh atau publik figur secara perorangan, yang justru menjadi tempat narasumber menyampaikan informasi dan gagasan-gagasannya melalui podcast dan channel Youtube.

“Ini menjadi tantangan sendiri untuk media online, yang perlu dipikirkan ke depan, karena media daerah melihat media di Jakarta sebagai contoh,” kata Wenseslaus Manggut, Sabtu (10/3).

Selain pemilihan Ketua dan Sekretaris AMSI Jakarta, Konferwil II beragenda penyampaian laporan pertanggungjawaban dan kegiatan pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2017-2020.

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Rikando Somba, selaku Ketua AMSI DKI periode 2017-2020 menyampaikan bahwa di masa kepengurusan 2017-2020, banyak hal positif terjadi. Salah satu di antaranya terkait penambahan anggota.

“Kini bertambah 9 anggota baru, sehingga AMSI DKI Jakarta menjadi wilayah dengan anggota terbanyak, yakni 62 media. Juga tercatat 8 media lain yang saat ini masih dalam proses verifikasi untuk menjadi anggota baru AMSI DKI Jakarta,” kata Rikando Somba.

Selain itu, pada 2020, AMSI DKI Jakarta juga terlibat dalam penegasan legitimasi eksistensi organisasi, sehingga AMSI mendapat pengakuan secara resmi sebagai konstituen Dewan Pers.

“Verifikasi faktual AMSI DKI Jakarta dan AMSI Nasional, bisa dilangsungkan bersamaan. Begitu halnya, pendampingan verifikasi media-media anggota juga dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Komisi Informasi Pusat dan AMSI teken MoU untuk dorong keterbukaan informasi publik

Meski begitu ada pekerjaan rumah yang masih perlu diselesaikan karena target program kerja yang belum optimal, antara lain penguatan bisnis media anggota.

Terlebih setahun terakhir di masa kepengurusan, terjadi pandemi yang berdampak pada ketidakcerahan iklim berusaha. Akibatnya sejumlah media anggota AMSI DKI Jakarta terpaksa tidak lagi beroperasi. 

“Ada 6 perusahaan media anggota yang tutup. Begitu halnya dengan reposisi pengurus di perusahaan masing-masing sedikit banyak berpengaruh terhadap lancarnya roda organisasi,” kata pria yang biasa dipanggil Erick Somba ini. 

Ia berharap ke depan anggota AMSI semakin kuat dan kompak menjaga ekosistem media yang baik dan sehat.

“Sinergi erat untuk industri media kuat moto konferwil II ini, semoga bisa menjadi misi AMSI DKI Jakarta kepengurusan baru ke depan,” ujarnya.

Laporan Erick Somba selaku Ketua AMSI DKI Jakarta secara bulat diterima oleh seluruh delegasi media yang hadir.

Selain memilih ketua dan sekretaris, forum tertinggi anggota di tingkat wilayah ini juga memilih Badan Pengawas dan Pertimbangan Organisas (BPPO).

Tiga orang yang diusulkan dan disepakati forum yaitu Irna Gustiawati (Pemimpin Redaksi Liputan6.com), Maria Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis.com), Maryadi (Vice President Business and Digital KataData.co.id).

Selain itu anggota juga mengusulkan nama-nama yang menjadi Majelis Etik AMSI DKI Jakarta.

Selanjutnya: Masyarakat pers apresiasi pemerintah atas vaksinasi wartawan

Editor: Hasbi Maulana
Terbaru