Jawa Timur

Risma dilantik menjadi Mensos, karangan bunga banjiri rumah dinas wali kota Surabaya

Rabu, 23 Desember 2020 | 12:39 WIB Sumber: Kompas.com

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Presiden Joko Widodo resmi melantik Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial yang digelar di Istana Negara, Rabu (23/12/2020) pagi. Masuknya Risma di Kabinet Indonesia Maju membuat sebagian warga Surabaya turut merayakan penunjukannya sebagai menteri Jokowi. Bahkan, sejak Rabu pagi berbagai ucapan selamat atas amanah baru Risma sebagai Mensos berdatangan dari berbagai tokoh. 

Sejak pagi, karangan bunga terus berdatangan dan mulai membanjiri Rumah Dinas Wali Kota Surabaya di Jalan Sedap Malam, Surabaya, tepatnya di sisi selatan rumah dinas. Karangan bunga itu berasal dari beberapa tokoh, seperti Ketua Umum DPC Iwapi Kota Surabaya Ir Renny Widya Lestari, Kepala Kantor Kemenag Kota Surabaya Ir Renny Widya Lestari, serta beberapa tokoh masyarakat lainnya. 

Sebagian besar karangan bunga itu menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya Risma sebagai Mensos. Deretan karangan bunga itu juga sempat menyita perhatian para pengendara roda dua yang melintas di Jalan Sedap Malam. Beberapa di antara mereka sempat memarkir kendaraannya dan mengabadikan deretan bunga tersebut. 

"Saya warga Surabaya, turut bangga Bu Risma diangkat jadi mensos. Menurut saya, beliau memang pantas di mensos," kata Hendry saat mengabadikan karangan bunga itu, Rabu.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan Risma di Surabaya merupakan bukti nyata keberhasilan dan kepeduliannya dalam bidang sosial. Bagus, salah seorang sopir pengantar karangan bunga, mengatakan banyak instansi dan tokoh yang memesan karangan bunga ke tempatnya. 

Salah satu karangan bunga yang diantar saat ini adalah dari Keluarga Besar Satgas Dinas Cipta Karya Kota Surabaya. "Karangan bunga itu ada yang dikirim ke Balai Kota dan ada pula yang diminta kirim ke kediaman Bu Risma di Wiyung, saya habis ini mau nganter ke Wiyung," ujar dia. 

Baca Juga: Mensos Risma: Tugas paling mendesak realisasikan bansos

Seperti diberitakan, Selasa (22/12/2020) sore, Presiden Jokowi menunjuk Risma menggantikan posisi Juliari P Batubara yang saat ini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi bantuan sosial Covid-19. 

Selain posisi menteri sosial, Presiden Jokowi juga merombak lima jabatan menteri lainnya. Sandiaga Salahudin Uno menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio. 

Selain itu, Wahyu Sakti Trenggono dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster. Kemudian, Menteri Agama ditempati Yaqut Cholil Qoumas. Mantan Wakil Bupati Rembang ini menggantikan Fachrul Razi.

Lalu, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan. Terakhir, Muhammad Lutfi menjabat Menteri Pedagangan menggantikan Agus Supramanto. Hari ini, enam menteri yang ditunjuk Jokowi resmi dilantik sebagai menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risma Dilantik Jadi Mensos, Karangan Bunga Banjiri Rumah Dinas Wali Kota Surabaya"

Selanjutnya: Tri Rismaharini resmi jadi Menteri Sosial, pembenahan data bansos jadi fokus utama

 

Editor: Handoyo .


Terbaru