Sambangi Balai Kota, putra Amien Rais bawakan becak listrik untuk Anies

Minggu, 11 Maret 2018 | 10:49 WIB Sumber: Kompas.com
Sambangi Balai Kota, putra Amien Rais bawakan becak listrik untuk Anies

ILUSTRASI. RAKOR PERSIAPAN ASIAN GAMES


DKI JAKARTA - JAKARTA. Anggota Komisi I DPR yang juga merupakan putra sulung dari mantan Ketua MPR–RI, Amien Rais, Hanafi Rais membawa sebuah becak listrik ke Balai Kota DKI Jakarta. Becak tersebut diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Becak tersebut merupakan modifikasi dari becak kayuh yang dilengkapi dengan sebuah dinamo yang digerakkan dengan energi listrik. Becak listrik tersebut ia beri nama "HAN". Bentuk becak listrik sama persis seperti becak kayuh pada umumnya. Becak memiliki tiga roda, jok yang dapat menampung dua penumpang dan dua buah pedal yang dapat digunakan jika daya dalam dinamo telah habis.

Menurut Hanafi, becak tersebut telah ia perkenalkan sejak tahun 2014 di Yogyakarta. "Kalau risetnya sudah sejak tahun 2012. Kalau secara pembuatannya perakitannya itu untuk satu becak konvensional diubah jadi becak listrik itu cuma sebentar cuma lima hari aja," ujar Hanafi di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (11/3).

Hanafi yang juga merupakan Wakil Ketua Umum DPP PAN ini mengatakan, becak listrik ini tak menimbulkan polusi udara dan polusi suara seperti becak motor yang telah dioperasikan di sejumlah tempat.

"Becak ini tidak menimbulkan polusi udara dan suara karena bertenaga listrik. Butuh tiga jam untuk mengisi daya listrik becak ini. Ada charger khusus untuk mengisi daya becak," kata dia.

Menurut Hanafi, becak ini dapat menempuh jarak sekitar 40 kilometer untuk sekali pengisian daya. "Sekali isi daya becak ini bisa dipakai ke Ciputat bolak balik dari Balai Kota DKI," sebutnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melontarkan wacana untuk mengganti becak yang ada di Jakarta menjadi sepeda listrik. Sandi mengatakan sepeda listrik merupakan salah satu angkutan yang masuk kategori ramah lingkungan.

"Jadi kemarin kebetulan ada program bersama-sama PLN, salah satu yang disorot adalah angkutan perumahan yang ramah lingkungan dan yang diusulkan adalah sepeda listrik," ujar Sandiaga di Lapangan Bola Wijaya Kusuma, Jalan Anggrek Garuda, Kemanggisan, Palmerah, Minggu (28/1). (Sherly Puspita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ke Balai Kota, Putra Amien Rais Bawa Becak Listrik untuk Anies"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru