Sambut Hari Oeang ke-73, Sri Mulyani bersih-bersih sampah di pantai Tanjung Pasir

Jumat, 11 Oktober 2019 | 11:58 WIB   Reporter: Grace Olivia
Sambut Hari Oeang ke-73, Sri Mulyani bersih-bersih sampah di pantai Tanjung Pasir

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merayakan rangkaian peringatan Hari Oeang ke-73 dengan menggelar acara bersih-bersih pantai di Tanjung Pasir, Tangerang, Banten, Jumat (11/10).


SRI MULYANI - TANGERANG. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali merayakan rangkaian peringatan Hari Oeang ke-73. Kali ini dengan menggelar acara bersih-bersih pantai di Tanjung Pasir, Tangerang, Banten, Jumat (11/10). 

Sri Mulyani didampingi jajaran Eselon 1 Kementerian Keuangan memunguti sampah yang ada di pinggiran pantai Tanjung Pasir. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, kegiatan pembersihan sampah dari pantai harus terus dilakukan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Pemerintah sebut ada 16,38 juta ha luas lahan tutupan kebun sawit

“Jumlah sampah di Indonesia akan meningkat dari 65,8 juta ton pada 2017 menjadi 70,8 juta ton tahun 2025. Indonesia sebagai negara juga dikenal sebagai penyumbang sampah plastik di laut terbanyak kedua di dunia,” ujar Menkeu.

Dari sisi fiskal, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah juga baru saja meresmikan Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Lembaga ini akan menjadi tempat konsolidasi pengelolaan dana untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan dana insentif untuk daerah (DID) dengan salah satu indikator pengelolaan sampah.

Adapun, Sri Mulyani menyampaikan sejatinya ada satu lagi instrumen fiskal yang dipersiapkan pemerintah terkait pengendalian sampah plastik di Indonesia, yaitu cukai plastik.

Baca Juga: Kerap tak sinkron, pemerintah kerjasama pertukaran data ekspor impor dengan Singapura

Editor: Noverius Laoli

Terbaru