Sebanyak 3.000 tiket naik tugu Monas ludes dibeli pengunjung hari ini, Selasa (1/1)

Selasa, 01 Januari 2019 | 15:59 WIB   Reporter: TribunNews
Sebanyak 3.000 tiket naik tugu Monas ludes dibeli pengunjung hari ini, Selasa (1/1)

ILUSTRASI. Kawasan Monas


TAHUN BARU - JAKARTA. Tugu Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas hingga saat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata untuk mengisi waktu libur masyarakat Jakarta. Berbeda dari hari biasanya di mana Monas buka mulai pukul 08.00 WIB - 21.30 WIB.

Pada libur tahun baru ini Selasa (1/1), Monas buka lebih pagi, yakni pukul 07.30 WIB dan akan tutup pukul 21.30 WIB. Hingga Selasa siang sebanyak 3.000 tiket masuk ke area Tugu Monas pun telah ludes dibeli pengunjung.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com dilokasi, jumlah pengunjung yang mengantre masuk ke Monas cukup padat. Bahkan antrean mengular keluar dari tenda putih yang disediakan sebagai loket pembelian tiket.

Petugas yang berjaga pun mengarahkan agar para pengunjung dapat tertib. Tidak hanya itu petugas yang mengenakan pakaian batik tersebut juga menyarankan agar yang mengantre tiket cukup satu orang per rombongan, sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Ada mungkin sekitar 3.000 (tiket), dari jam 07.30 WIB sampai sekarang," ujar Kepala Seksi Pelayanan UPK Monas Endrati Fariani, ketika ditemui di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/1). Namun tidak semua pengunjung tersebut dapat naik ke puncak Monas. Sebab pengelola Monas membatasi, hanya 2.600 pengunjung yang dapat naik menuju puncak monas.

"Jumlah pengunjung yang naik ke puncak sesuai dengan kapasitas lift yang hanya muat 10 orang sekali naik. Dan waktu naik dan turun kurang lebih tiga menit. Jadi untuk siang yang naik ke Puncak (Monas) dari buka sampai jam 17.00 WIB sebanyak 2.000 orang," ucap Kepala UPK Monas Munjirin, saat dihubungi wartawan.

Ia menambahkan, selama satu jam lift tersebut akan diistirahatkan, yaitu sejak pukul 17.00 WIB-18.00 WIB. "Habis maghrib naikin lagi sampai dengan jam 21.30 WIB sebanyak 600 orang," ucap Munjirin.

Ia pun menegaskan kalau kuota pengunjung ini tidak bisa lagi ditambah. Sebab hal itu harus dilakukan untuk menjaga keamaan para pengunjung yang berwisata ke Monas. "Enggak ada (penambahan-red) karena kemampuan liftnya ga bisa ditambah. Liftnya hanya satu dan harus berhenti jam 5 sore," ujar Munjirin. (Yanuar Nurcholis Majid)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tercatat 3 Ribu Tiket Naik Tugu Monas Ludes di Hari Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru