Sebelum ke Jakarta, komoditi pangan akan diperiksa

Senin, 29 Juni 2015 | 13:18 WIB Sumber: Kompas.com
Sebelum ke Jakarta, komoditi pangan akan diperiksa


JAKARTA. Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta menggelar Operasi Transportasi Pangan Sehat (OTPS). Tujuannya untuk menertibkan seluruh komoditi pangan dari luar daerah yang akan masuk ke Ibu Kota.

Dalam operasi tersebut, seluruh komoditi pangan, baik yang berupa produk pertanian, perikanan ataupun peternakan harus diperiksa terlebih dahulu sebelum didistribusikan.

"Pelaksanaan kegiatannya dilakukan pada malam hingga subuh dengan melibatkan personel kepolisian, Satpol PP, serta Dishubtrans. Yang disasar adalah mobil-mobil pengantar pasokan barang komoditas yang berasal dari luar daerah," kata Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Darjamuni, di Balai Kota, Senin (29/6).

Darjamuni pun menjelaskan mengenai tata cara pelaksanaan dari operasi tersebut. Menurut dia, jika komoditas yang diangkut adalah produk pertanian, maka mobil pengantarnya akan diarahkan menuju Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Namun bila yang diangkut ayam potong, maka mobil pengantarnya akan langsung diarahkan ke Rumah Pemotongan Unggas (RPU) di Rawa Kepiting, Jatinegara, Jakarta Timur; dan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Untuk sapi potong, lanjut Darjamuni, akan dibawa ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Cakung, Jakarta Timur. Sedangkan sapi perah dibawa ke RPH Pondok Ranggon yang juga berlokasi di Jakarta Timur.

"Kalau produknya ikan, kita stop di pintu Muara Angke dan Muara Baru. Di sana kita ambil sampel dan uji lab cepat.  Kalau positif mengandung bahan berbahaya, mobil pemasok kita tolak," papar Darjamuni. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru