Banjir sudah surut, Pemprov DKI: Masih ada warga yang mengungsi

Rabu, 08 Januari 2020 | 13:41 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir sudah surut, Pemprov DKI: Masih ada warga yang mengungsi

ILUSTRASI. Warga korban banjir mengungsi di Gelanggang Olahraga (GOR) Pengadegan, Jakarta.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta M Ridwan mengatakan, banjir di seluruh wilayah Jakarta sudah surut pada Rabu (8/1). 

Titik yang terakhir masih terendam banjir berlokasi di RT 001 RW 001 Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Namun, banjir di lokasi tersebut sudah surut pada Rabu pagi. 

Baca Juga: Modifikasi cuaca diklaim berhasil menurunkan intensitas hujan di Jabodetabek

"Info dari pihak kelurahan, surut pada pukul 06.00," ujar Ridwan saat dikonfirmasi. 

Meskipun banjir di semua titik sudah surut, kata Ridwan, masih ada 666 warga yang mengungsi di empat lokasi pengungsian di Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Mereka mengungsi karena rumahnya masih dibersihkan. 

Menurut Ridwan, pengungsi membersihkan rumah mereka pada pagi hari, sedangkan malam harinya kembali ke lokasi pengungsian untuk istirahat dan tidur. 

"Sudah tidak ada banjir, tapi masih ada pengungsi karena rumahnya masih dibersihkan. ( Pengungsi) di Semanan dan Kramatjati," kata Ridwan. 

Hujan deras dan cuaca ekstrem yang terjadi pada Rabu lalu menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. 

Baca Juga: Peringatan Kedubes AS: Jakarta akan didera hujan luar biasa dan badai halilintar

Akibat banjir tersebut, 36.445 warga Jakarta mengungsi pada keesokannya. Jumlah pengungsi berangsur-angsur berkurang seiring dengan surutnya banjir. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pemprov DKI Sebut Banjir di Sudah Surut, tetapi Masih Ada Pengungsi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru