kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sejak awal tahun 2019, berapa kali Anies ke luar negeri? Ini daftarnya


Senin, 22 Juli 2019 / 21:53 WIB
Sejak awal tahun 2019, berapa kali Anies ke luar negeri? Ini daftarnya

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tercatat empat kali berkunjung ke luar negeri sepanjang tahun 2019 ini. Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH KLN) DKI Jakarta Mawardi mengatakan, dari empat kunjungan tersebut, dua kunjungan dikategorikan sebagai kunjungan kerja, dua kunjungan lainnya disebut kunjungan singkat/sehari.

Menurut Mawardi, semua kunjungan Anies sudah disetujui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. "Semua ada pemberitahuan dan ada balasan," ujar Mawardi dalam siaran pers, Senin (22/7).

Berikut empat perjalanan Anies ke luar negeri yang dipaparkan Mawardi dalam siaran pers itu:

1. Jenguk Ani Yudhoyono di Singapura, 2 Maret

Pada 2019, Anies pertama kali berangkat ke luar negeri pada 2 Maret. Dia menjenguk istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Ani Yudhoyono, yang saat itu dirawat di National University Hospital, Singapura.

"Saat menjenguk itu, semua perjalanan gubernur menggunakan dana pribadi dan tanpa APBD. Beliau tidak bermalam, berangkat pagi dan sore sudah pulang ke Jakarta," kata Mawardi.

2. Pertemuan di Singapura, 3 Mei

Anies kembali berangkat ke Singapura pada 3 Mei 2019. Dia menjadi keynote speaker dalam The Pyramid’s Annual Post-AGM Gala Dinner. Dia berangkat untuk memenuhi undangan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. Dalam acara tersebut, Anies berpidato di hadapan para pemimpin Singapura, mulai dari perdana menteri, para pemimpin bisnis, tokoh akademisi, para menteri anggota kabinet, dan mantan perdana menteri.

Mawardi menyebut, seluruh transportasi dan akomodasi Anies saat itu ditanggung oleh pihak penyelenggara. "Kami mengajukan permohonan izinnya pada 21 Maret dan dibalas oleh Mendagri pada 5 April," ucapnya.




TERBARU

Close [X]
×