Selain berlakukan contraflow, Jasa Marga juga tambah fasilitas di KM 47 tol Japek

Minggu, 22 Desember 2019 | 11:16 WIB Sumber: Kompas.com
Selain berlakukan contraflow, Jasa Marga juga tambah fasilitas di KM 47 tol Japek

ILUSTRASI. Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek


LALU LINTAS - JAKARTA. Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Cikampek, Jasa Marga atas diskresi kepolisian hari ini, Minggu (22/12), mulai memberlakukan contraflow dari Km 47 sampai dengan Km 61 arah Cikampek sejak pukul 08.20 WIB. 

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, kondisi lalu lintas Jalan Tol Japek arah Cikampek terpantau padat di beberapa titik.

"Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48 dan titik menjelang rest area di Km 50," jelas dia. 

Baca Juga: Tol Jakarta-Cikampek padat, Jasa Marga berlakukan contraflow di KM 47

Heru menjelaskan, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu. 

Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, lanjut Heru, terutama yang melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jasa Marga menambah fasilitas pendukung. 

Fasilitas tersebut seperti kendaraan Mobile Customer Service (layanan jalan tol) yang dilengkapi dengan BBM dan radiator untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan bahan bakar. 

"Selain itu, Jasa Marga juga menambah jumlah derek khusus untuk untuk jalan tol layang ini, yang semula 4 unit menjadi 6 unit," jelas dia. 

Heru juga meminta kepada pengguna jalan tol Jakarta Cikampek pada saat mengalami kejadian darurat di jalan tol untuk hubungi one call center Jasa Marga di mana pun pengguna jalan berada, yaitu di nomor 14080. 

Baca Juga: Tol layang Japek macet, begini komentar Menhub

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," pungkas dia. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Selain Berlakukan "Contraflow", Jasa Marga Tambah Fasilitas di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru