Selain meningkatkan kesuburan, ini manfaat mengonsumsi toge untuk kesehatan

Selasa, 10 November 2020 | 08:20 WIB Sumber: Kompas.com
Selain meningkatkan kesuburan, ini manfaat mengonsumsi toge untuk kesehatan


KESEHATAN - JAKARTA. Toge alias kecambah dipercaya bisa meningkatkan kesuburan laki-laki. Faktanya, toge tidak hanya bisa meningkatkan kesuburan tapi juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi toge untuk kesehatan tubuh. 

Menjadi seorang ayah adalah impian banyak pria yang telah menikah. Maka tak heran jika segala cara rela dilakukan demi mendapatkan sang buah hati, seperti mengonsumsi makanan tertentu. 

Baca Juga: Daun kersen bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria adalah toge. Melansir SehatQ, toge memang dapat meningkatkan kualitas sperma yang menjadi faktor penting bagi kesuburan pria. 

Sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai varian menu ini kaya akan vitamin E, khususnya vitamin E alpha. 

Menurut laman healthbenefitstimesm, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat meloindungi sel dari serangan radikal bebas. Vitamin E juga berguna untuk melindungi sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas. 

Oleh karena itu, mengonsumsi toge memang dapat meningkatkan dan melindungi kualitas sperma yang turut meningkatkan kesuburan pria. 

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dalam toge dapat menekan stres, rasa cemas, bahkan depresi. Melansir Meidcal News Today, stres juga bisa mempengaruhi keseburan pria. 

Pasalnya, stres dapat mengaktifkan pelepasan glukokortikoid atau hormon steroid yang memengaruhi metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Hormon tersebut dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma yang menjadi indikator tingkat kesuburan pria. 

Toge juga mengandung asam folat yang bagus untuk keseburan. Melansir Hello Sehat, asam folat vitamin B9 sangat diperlukan untuk membantu membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta membuat sel-sel darah merah yang sehat. 

Jadi, pemenuhan kebutuhan asam folat ini tentu sangat diperlukan baik bagi pria maupun wanita sebelum mereka mencoba untuk memiliki keturunan. 

Manfaat lain toge 

Melansir Healthline, toge mengandung protein, folat, fosfor, mangan, vitamin C dan K yang baik untuk tubuh. Melihat kandungan nutrisinya yang tinggi, toge tentu tak hanya bermanfaat untuk kesuburan pria. Berikut manfaat lain toge: 

1. Melancarkan pencernaan 

Toge kaya akan enzim yang membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kima dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan. Toge juga mengandung serat yang membantu mencerna makanan secara efektif dan efisien. 

2. Menjaga kesehatan jantung 

Toge juga kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi alami untuk mengurangi stres sistem kardiovaskular. Omega 3 juga dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. 

3. Meningkatkan sistem imun 

Kandungan vitamin C dapat membuat toge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Vitamin A pada toge juga memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4. Menyehatkan dan menumbuhkan rambut 

Vitamin C pada toge dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, tipis, dan rapuh. Selain itu toge juga dapat mencegah berbagai gangguan pada rambut. 

Selenium dalam toge juga dapat membantu membunuh jamur yang membuat kulit kepala menjadi kering, menghilangkan ketombe serta kotoran, dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Kandungan omega 3 pada toge juga penting untuk menutrisi folikel rambut.(Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Ini jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Selanjutnya: Ini manfaat oyong untuk kesehatan tubuh Anda

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Konsumsi Toge Tingkatkan Kesuburan Pria?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru