Jawa Tengah

Seluruh wilayah Jateng PPKM darurat, 13 daerah ini masuk level 4

Sabtu, 03 Juli 2021 | 06:43 WIB Sumber: Kompas.com
Seluruh wilayah Jateng PPKM darurat, 13 daerah ini masuk level 4

ILUSTRASI. PPKM darurat diterapkan di semua wilayah di Jawa Tengah, mulai hari ini (3/7) sampai 20 Juli 2021.

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan di semua wilayah di Jawa Tengah, mulai hari ini (3/7) sampai 20 Juli 2021. Dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, 13 daerah masuk asesmen level 4 dan sisanya masuk asesmen level 3.

Adapun 22 daerah masuk dalam asesmen level 3 yaitu Kabupaten Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Tegal, Sragen, Semarang, Purworejo, Purbalingga, Pemalang, Pekalongan. Lalu, Magelang, Kendal, Kabupaten Karanganyar, Jepara, Demak, Cilacap, Brebes, Boyolali, Blora, Batang, Banjarnegara, dan Kota Pekalongan.

Sedangkan 13 daerah yang masuk level 4 yaitu Kabupaten Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Klaten, Kebumen, Grobogan, Banyumas, Kota Tegal, Surakarta, Kota Semarang, Salatiga, dan Magelang.

Baca Juga: PPKM darurat, perjalanan ke luar kota harus tunjukkan kartu vaksin

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh kepala daerah di wilayahnya untuk menyesuaikan kebijakan tersebut.

"Petunjuk pelaksanaannya sudah dikeluarkan. Instruksi Mendagri juga sudah disiapkan, mungkin sore ini atau besok sudah keluar. Seluruh kepala daerah diminta menyiapkan termasuk sosialisasi ke masyarakat. Levelingnya sudah disiapkan dan tindakan tegas dilakukan. Semua mesti kompak, Insya Allah Jateng semuanya siap," kata Ganjar dalam siaran pers, Kamis (1/7/2021).

Ganjar meminta masyarakat untuk tidak panik dan mendukung penerapan PPKM Darurat. Sebab, tindakan yang diambil saat ini merupakan upaya pengetatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

"Jangan panik, kita hanya butuh mengetatkan saja. Tindakan-tindakan ini karena situasinya sedang tidak baik-baik saja. Memang butuh tindakan yang lebih ketat dan serius," jelasnya.

Jika ada kesulitan selama PPKM Darurat dilaksanakan, masyarakat diminta melapor ke call center di kabupaten/kota atau Provinsi.

"Kalau ada masyarakat kesulitan, saya minta kawan-kawan kabupaten/kota membantu. Ada call center yang bisa dihubungi. TNI/Polri digerakkan, Babinsa/Bhabinkamtibmas, Camat, Kades semuanya bekerja. Saya minta Jogo Tonggo hidup, sehingga bisa membantu," ucapnya.

Baca Juga: PPKM Darurat, Polri gelar operasi Aman Nusa II dengan sekat 407 titik di Jawa-Bali

Kontributor Semarang: Riska Farasonalia
Editor : Khairina

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seluruh Jateng PPKM Darurat, 13 Daerah Masuk Level 4".

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru