kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Simak jadwal one way di jalur Puncak selama libur Natal dan Tahun Baru


Kamis, 26 Desember 2019 / 07:52 WIB
Simak jadwal one way di jalur Puncak selama libur Natal dan Tahun Baru
ILUSTRASI. Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menerapkan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2020.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menjelaskan, rekayasa tersebut dilakukan untuk menjamin kelancaran lalu lintas di kawasan Puncak selama libur Nataru.

"Di mana sistem satu arah secara bergantian yaitu dari jam 07.30 WIB sampai jam 12.00 WIB. Kemudian dilaksanakan one way arah Puncak dan jam 13.00 sampai jam 17.00 WIB," ujar Asep di Humas Mabes Polri, Senin (23/12/2019).

Baca Juga: Arus balik libur, 338.000 kendaraan akan kembali ke Jakarta mulai hari ini

Asep mengatakan, kawasan Puncak merupakan salah satu objek yang menjadi pusat perhatian. Pasalnya, di kawasan tersebut terdapat objek wisata dan sebagian warga juga sering melakukan ibadah di daerah Puncak.

Karena itu, penerapan one way diperlukan agar lalu lintas di kawasan Puncak tak mengalami hambatan. "Ini perlu dilakukan supaya ada skala prioritas sebagaimana kemacetan baik dari bawah atau pun juga yang akan turun dari atas," katanya.

Asep menambahkan, dalam menghadapi libur Nataru, kepolisian menggelar Operasi Lilin 2019 guna memberikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kelancaran berlalu lintas. "Pihak kepolisian memberikan jaminan keamanan dan keselamatan serta kelancaran dan ketertiban berlalu lintas," katanya.

Baca Juga: Hari terakhir mudik Nataru, sebanyak 54.675 kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek

Sebelumnya, Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, berencana melakukan rekayasa lalu lintas one way dan buka tutup di kawasan Puncak pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2020. Kebijakan itu diambil untuk mengantasipasi lonjakan kendaraan yang diprediksi terjadi selama libur akhir tahun.

“Kita tahu jalur Puncak ini kan jalannya cuma satu sehingga rekayasa jalan seperti buka tutup dan one way akan dilakukan pada jam-jam tertentu,” kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto di Cianjur, Senin (16/12/2019).

Baca Juga: 6 mal di Jakarta ini masih menggelar midnight sale akhir tahun

Rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak merupakan bagian dari rencana strategis dari Operasi Lilin Lodaya 2019. Saat ini, Polres Cianjur masih berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait rencana rekayasa lalu lintas tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Jadwal One Way di Jalur Puncak Selama Libur Natal dan Tahun Baru"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Irfan Maullana




TERBARU

Close [X]
×