Sirkuit Mandalika resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit

Kamis, 07 Oktober 2021 | 16:59 WIB   Reporter: Vina Elvira
Sirkuit Mandalika resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi mengusung nama baru menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Peresmian ini dilaksanakan dalam acara Penandatanganan PKS Sponsorship Peluncuran Nama Resmi Sirkuit, Kamis (7/10). 

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, pihaknya merasa terhormat dapat melakukan sinergi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dalam pengembangan sirkuti berskala internasional tersebut. 

Sinergi ini juga sekaligus merupakan dukungan BUMN dalam hal ini Pertamina dan ITDC, untuk mendorong pengembangan lima destinasi pariwista super prioritas yang diusung oleh Presiden Joko Widodo. Sebab, industri pariwisata merupakan salah satu kunci utama yang dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi. 

Dia juga berharap, dengan adanya Sirkuit Mandalika ini dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat di wilayah NTB, khususnya di kawasan Mandalika. 

"Dengan diadakannya event internasional di Mandalika, ini juga menjadi image yang sangat baik bagi Indonesia. Di mana bangsa kita bisa dengan cepat kembali melakukan kegiatan dan khususnya dalam hal ini aktivitas sport di Mandalika," ujar Nicke dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10). 

Di samping itu, kerja sama sponsorship ini juga dinilai sejalan dengan bisnis Pertamina di industri otomotif. Sehingga diharapkan, keterlibatan Pertamina dengan berbagai ajang balap motor internasional seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK) ke depan, dapat meningkatkan brand awareness perusahaan sesuai dengan program 'go global' yang dicanangkan oleh Pertamina. 

"Ini akan menjadi ajang promosi yang sangat bagus bagi Pertamina dan Indonesia. Nantinya, ketika event MotoGP dilaksanakan, ini akan diikuti dan ditonton oleh 200 negara dan sekitar 428 juta rumah tangga atau hingga 7 miliar penonton. Ini angka yang luar biasa kita bisa memperkenalkan keindahan bumi pertiwi kita kepada seluruh dunia," terang Nicke. 

Baca Juga: Pembangunan rampung, Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar World Superbike dan MotoGP

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyatakan, saat ini pihaknya tengah menggenjot pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung dari Sirkuit Mandalika. Sehingga kini sirkuit tersebut sudah bisa digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai ajang balap motor bergengsi. 

"Konsep dari sirkuit kami adalah jalan kawasan khusus atau street circuit. Sehingga menjadikan Sirkuit Mandalika menjadi satu-satunya sirkuit di dunia yang menggelar MotoGP dan  street circuit atau sirkuit jalan raya," kata Abdulbar. 

Dibangun di tengah-tengah kawasan pariwisata, di mana terdapat pantai dan gunung serta nilai budaya yang tinggi. Sehingga diharapkan, Sirkuit Mandalika ini dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata dengan konsep sport tourism berkelas dunia. 

"Tujuan kami tidak hanya membangun sirkuit atau menyelenggarakan ajang balap. Tapi lebih untuk mengembangkan potensi pariwisata di Lombok NTB maupun di Indonesia," sambungnya. 

Di samping itu, Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury menyatakan hal serupa. Pihaknya berharap, Sirkuit Mandalika dan berbagai ajang internasional yang akan dilaksanakan ke depan, dapat mendorong pengembangan pariwisata di wilayah tersebut dan juga lebih besar bagi Indonesia. 

"Jadi diharapkan tentunya ini bisa menjadi event yang kembali membawa Indonesia menjadi salah satu penyelenggara event pariwisata global di dunia. Untuk bisa membangun industri pariwisata sebagai salah satu event dan sektor ekonomi yang strategis," kata Pahala. 

Selanjutnya: Masih pandemi, begini kesiapan Mandalika jadi tuan rumah Moto GP pada tahun depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru