Street Race Kemayoran 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal & Syarat Peserta

Selasa, 24 Januari 2023 | 06:08 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Street Race Kemayoran 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal & Syarat Peserta

ILUSTRASI. Street Race Kemayoran 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal & Syarat Peserta


JAKARTA - Jakarta. Ajang balap jalanan Street Race Kemayoran akan kembali digelar pada Januari 2023. Selain balap motor, Street Race Kemayoran 2023 juga menghadirkan banyak acara menaik.

Dilansir dari website resmi, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menggelar event balap jalanan Street Race Kemayoran 2023. Street Race Kemayoran 2023 adalah balapan seri kelima yang akan berlangsung di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 27-29 Januari 2023.

“Polda Metro Jaya kembali menggelar acara 1st Anniversary Street Race 2023. Bagi anda penggemar otomotif datang, dan saksikan pada hari Jumat-Minggu, 27-29 Januari 2023 di Jl. Benyamin Sueb Kemayoran Jakarta Pusat,” demikian keterangan tertulis Ditlantas Polda Metro Jaya.

Street Race Kemayoran 2023 akan memperlombakan nomor drag race 500 meter khusus kendaraan roda dua. Untuk memastikan ketepatan penilaian panitia akan menyediakan sensor di garis start dan finis, serta tidak menggunakan timer atau pengukur waktu.

Selain drag race yang menjadi event utama, panitia Street Race Kemayoran 2023 juga menghadirkan sejumlah event lain seperti kontes modifikasi, bazar otomotif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ajang freestyle roda dua, safety riding polwan dan event tinju, festival musik dengan bintang tamu antara lain Rocket Rockers, Club Dangdut Racun, Tom Kill Jerry, Eirene, CMB dan Female Project.

Baca Juga: Street Race Jakarta 2022 Akan Kembali Digelar, Ini Jadwal & Lokasi Pelaksanaan

Melalui acara Street Race Kemayoran 2023, Polda Metro Jaya berkomitmen merangkul serta memfasilitasi generasi muda pecinta kecepatan untuk mencari prestasi melalui ajang resmi, sehingga tidak lagi melakukan balapan liar yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Kegiatan Street Race Kemayoran 2023 tersebut dinilai efektif untuk mengurangi jumlah balap liar terbukti tingginya minat peserta dalam gelaran yang sudah diselenggarakan sebanyak empat kali diantaranya di Ancol, seri kedua di BSD, Tangerang Selatan, seri ketiga di Meikarta, Cikarang dan seri keempat di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai cocok sebagai lokasi Street Race Kemayoran 2023 karena konstruksi jalan sesuai untuk balap dan luas yang memadai untuk menampung para pembalap serta penonton. Selain itu, Kemayoran juga telah lama menjadi lokasi balapan liar para joki dan komunitasnya.

Ajang Street Race Kemayoran 2023 ini juga bisa menjadi wadah bagi para pembalap yang ingin menyalurkan hobi balap secara resmi dan aman. Terdapat sejumlah syarat keselamatan yang wajib diikuti oleh peserta Street Race Kemayoran 2023 yakni wajib mengenakan helm full face, mengenakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jeans tebal atau baju overall balap serta menggunakan sarung tangan dan sepatu.

Kemudian, peserta Street Race Kemayoran 2023 juga wajib memastikan rem berfungsi dengan baik. Sedangkan bagi peserta Street Race Kemayoran 2023 yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orang tua dan wajib dibawa saat daftar ulang.

Selain itu, terdapat sejumlah hal yang wajib dipersiapkan bagi peserta Street Race Kemayoran 2023 ini. Pertama, peserta Street Race Kemayoran 2023 wajib memastikan hari dan tanggal pendaftaran yang dipilih sudah sesuai dengan kelas yang tersedia atau yang diinginkan.

Kemudian, tiket Street Race Kemayoran 2023 yang sudah dibeli tidak bisa dipindahtangankan atau dikembalian. Terakhir, e-voucher Street Race Kemayoran 2023 yang sudah diterima merupakan bukti pendaftaran yang sah dan wajib ditunjukkan saat registrasi.

Street race keempat di Kemayoran, Jakarta menjadi yang pertama dan terbesar dalam sejarah drag race legal 500 meter di DKI Jakarta. Balapan tersebut diikuti sebanyak 1.050 peserta. Sedangkan untuk jumlah penonton Street Race Kemayoran 2022 mencapai dua ribu hingga lima ribu orang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Latif Usman memastikan tidak ada taruhan terselubung dalam Street Race Kemayoran 2023 yang diadakan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran itu. Menurutnya, acara ini hanyalah penyaluran hobi dan untuk mencari prestasi. Ia pun mengajak agar energi-energi positif bisa disalurkan dalam acara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru