kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sukabumi peringkat ke-6 daerah rawan bencana


Jumat, 02 Desember 2016 / 16:20 WIB

Sukabumi peringkat ke-6 daerah rawan bencana

SUKABUMI. Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berada di peringkat enam Indonesia yang merupakan daerah paling rawan terjadi bencana alam mulai dari angin puting beliung, longsor, banjir, gempa bumi hingga tsunami.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar, mengatakan, wilayah Kabupaten Sukabumi yang dikeliling gunung serta memiliki garis pantai yang panjang serta berada di patahan bumi menyebabkan daerah ini sepanjang tahun selalu dilanda bencana.


Menurutnya, di Indonesia daerah paling rawan bencana di peringkat pertama adalah Garut kemudian Tasikmalaya dan Aceh. Kondisi topografi daerah berbukit dan memiliki tanah yang labil serta dilintasi sungai dan anak sungai sehingga Kabupaten Sukabumi kerap dilanda bencana.

"Bencana yang paling besar di Kabupaten Sukabumi terjadi pada November lalu yakni banjir bandang di Kecamatan Cidolog dan Sagaranten yang menyebabkan ratusan rumah dan sarana lainnya terendam. Belum lagi di waktu bersamaan juga terjadi longsor di belasan titik di beberapa kecamatan yang menyebabkan rumah rusak dan jalan raya tertimbun tanah, bahkan belasan jembatan penghubung putus," tambahnya.

Irwan mengatakan untuk meminimalisasikan dampak bencana tersebut pihaknya secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pencegahan di daerah rawan bencana seperti memasang bronjong kawat penahan banjir dan longsor.

Namun, yang paling penting untuk mencegah terjadinya bencana yakni tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu bencana seperti penebangan pohon secara liar, membangun rumah di bantaran sungai dan tidak membuang sampah ke sungai. 

(Aditya A Rohman)


Sumber : Antara
Editor: Rizki Caturini
Video Pilihan


×