Sulut ekspor bunga pala ke India & Spanyol

Senin, 16 Mei 2016 | 13:05 WIB Sumber: Antara
Sulut ekspor bunga pala ke India & Spanyol


MANADO. Provinsi Sulawesi Utara mengekspor bunga pala (fuli) ke India dan Spanyol pada April 2016 untuk memenuhi permintaan kedua negara yang terus meningkat.

"Bunga pala yang diekspor ke India dan Spanyol 13 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar US$ 155.090," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Jenny Karouw di Manado, Senin (16/5).

Jenny merinci, bunga pala yang diekspor ke India sebanyak 12 ton dengan nilai devisa sebesar US$ 143.090. Sedangkan, yang diekspor ke Spanyol hanya 1 ton dengan nilai US$ 12.000.

Permintaan bunga pala dari kedua negara tersebut dinilai akan terus berlanjut sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan pengekspor Sulut. "Saya harap pasar yang sudah terbuka ini tidak akan disia-siakan oleh pengekspor Sulut," ujarnya.

Pemerintah, katanya, akan terus melakukan promosi produk unggulan Sulut baik di pasar domestik maupun internasional. "Promosi komoditas unggulan Sulut sebenarnya tidak mudah karena pembeli dari berbagai negara yang memiliki syarat dan ketentuan tersendiri," jelasnya.

Komoditas pala yang selalu dibeli masyarakat Eropa, Asia maupun Amerika dari Sulut yakni berasal dari Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang sangat terkenal. "Memang produksi biji pala paling banyak di Sulut berasal dari Kabupaten Kepulauan Sitaro dengan aroma dan kualitas yang memiliki ciri khas tersendiri," jelasnya. (Nancy Lynda Tigauw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru