HOME

Taman Impian Jaya Ancol beroperasi Sabtu (20/6), Gubernur Anies Baswedan cek kesiapan

Sabtu, 13 Juni 2020 | 21:34 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Taman Impian Jaya Ancol beroperasi Sabtu (20/6), Gubernur Anies Baswedan cek kesiapan

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau persiapan pembukaan Taman Impian Jaya Ancol yang direncnakan mulai beroperasi pada Sabtu (20/6).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Rasyiud Baswedan terus melakukan pengecekan perisapan seluruh sektor usaha

Pada awal masa tanggap Corona semua tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah ditutup sejak 14 Maret 2020. Salah satunya adalah Taman Impian Jaya Ancol.⁣

Kini setelah tiga bulan kemudian, DKI Jakarta memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (BSBB) Transisi. 

"Kami mulai menyiapkan pembukaan tempat wisata bertahap. Setelah minggu lalu kita membuka kembali tempat ibadah, lalu perkantoran dan kegiatan perekonomian. Yang terakhir akan kami buka di fase I transisi ini adalah tempat wisata, di antaranya Ancol dan Ragunan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (13/6)⁣.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada awal masa tanggap Corona semua tempat wisata yg dikelola Pemprov DKI telah ditutup sejak 14 Maret 2020, Taman Impian Jaya Ancol salah satunya.⁣ ⁣ Kini tiga bulan kemudian, kita memasuki PSBB Transisi. Kita mulai menyiapkan pembukaan tempat wisata bertahap. Setelah minggu lalu kita membuka kembali tempat ibadah, lalu perkantoran dan kegiatan perekonomian. Yang terakhir kita buka di fase I transisi ini adalah tempat wisata. Di antaranya: Ancol dan Ragunan.⁣ ⁣ Pagi tadi sambil bersepeda, bersama Direksi dan jajaran PT. Pembangunan Jaya Ancol meninjau persiapan protokol kesehatan di tempat wisata Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Impian Jaya Ancol.⁣ ⁣ Sebelum memutuskan pembukaan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, kita telah terlebih dahulu memastikan kesiapan fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan di wilayah DKI Jakarta untuk menghadapi PSBB Transisi. ⁣ ⁣ Kita juga menyiapkan protap khusus untuk tempat wisata untuk pencegahan COVID-19. Para pekerjanya diperiksa, kemudian secara rutin ada pemantauan. Kemudian kalau ada kasus, maka dipantau kasusnya. Apakah perlu isolasi, apakah perlu perawatan. Termasuk ada opsi penutupan sementara kembali jika dibutuhkan.⁣ ⁣ Protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat di seluruh wilayah tempat wisata Ancol, seperti restoran hanya buka 50%, jaga jarak antrean sepanjang minimal 1 meter, mewajibkan pengunjung untuk memakai masker, dan kapasitas wahana permainan yang diisi hanya 50%.⁣ ⁣ Sejak dari gerbang Dufan alur pengunjung diatur agar tidak berkerumun. Penjualan secara online untuk membatasi pengunjung dalam satu hari dan tap masuk menggunakan QR code untuk mengurangi kontak. Semua akan dievaluasi harian.⁣ ⁣ Teman-teman yang sudah tak sabar #KembalikeAncol silakan ikuti @infodufan @ancoltamanimpian untuk informasi lebih lanjut.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

 

Kalau tidak ada aral melintang, kawasan wisata Ancol akan kembali dibuka untuk pengunjung pada Sabtu 20 Juni 2020 mendatang atau pekan depan.

Pada Sabtu (13/6) ⁣  pagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Direksi dan jajaran PT. Pembangunan Jaya Ancol meninjau persiapan protokol kesehatan di tempat wisata Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Impian Jaya Ancol sambil bersepeda bersama. ⁣

Sebelum memutuskan pembukaan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, Gubernur Anies Baswedan menegaskan telah terlebih dahulu memastikan kesiapan fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan di wilayah DKI Jakarta untuk menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. ⁣

Gubernur Anies Baswedan juga menyiapkan protokol tetap (protap) khusus untuk tempat wisata untuk pencegahan Covid-19. Para pekerjanya diperiksa, kemudian secara rutin ada pemantauan. Kemudian kalau ada kasus positif, maka dipantau kasusnya.

"Apakah perlu isolasi, apakah perlu perawatan. Termasuk ada opsi penutupan sementara kembali jika dibutuhkan," kata Gubernur Anies Baswedan.⁣

Protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat di seluruh wilayah tempat wisata Ancol, seperti restoran hanya buka 50%, jaga jarak antrean sepanjang minimal 1 meter, mewajibkan pengunjung untuk memakai masker, dan kapasitas wahana permainan yang diisi hanya 50%.⁣

Sejak dari gerbang Dufan alur pengunjung diatur agar tidak berkerumun. Penjualan secara online untuk membatasi pengunjung dalam satu hari dan tap masuk menggunakan QR code untuk mengurangi kontak. Semua akan dievaluasi harian.⁣

Taman Impian Jaya Ancol tengah mempersiapkan berbagai hal menjelang pembukaan kembali operasional kawasan wisata kebanggaan masyarakat DKI Jakarta tersebut pada 20 Juni 2020 pekan depan.

Salah satunya, dengan mempersiapkan sumber daya manusia atau petugas operasional yang akan melayani para pengunjung.

Dalam upaya memastikan pelayanan prima saat beroperasi kembali, Manajemen Ancol menggelar Rapid dan Swab Test Covid-19. Test tersebut dilaksanakan secara bertahap dan tahap pertama, berjalan pada Kamis, 11 Juni 2020, di Gedung Ecovention Allianz Ecopark Ancol.

Kegiatan test tahap pertama ini diikuti 200 peserta petugas gugus depan atau frontliner di lingkungan Taman Impian Jaya Ancol. 

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Bertho Darmo Poedjo Asmanto, dalam sambutannya (12/6) mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan kepada Ancol, namun saat dibukanya kembali kawasan wisata andalan Jakarta ini nanti, Manajemen berkomitmen untuk tetap bisa menyajikan pelayanan dan hiburan yang berkualitas dengan memprioritaskan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi  semua pihak.

Proses Rapid dan Swab test akan dilakukan kepada seluruh karyawan, mitra dan tenaga alih daya PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dan Anak Usahanya secara bertahap. 

Hal ini juga sebagai upaya meningkatkan  kepercayaan masyarakat terhadap kawasan  wisata Taman Impian Jaya Ancol dan menunjukkan keseriusan & kesungguhan Manajemen untuk melayani seluruh pemangku kepentingan.

Selain itu, Manajemen Jaya Ancol juga mempersiapkan peraturan baru yang mudah diingat bernama Senang Selamat Bareng Bareng atau SSBB. 

Peraturan ini akan diterapkan langsung saat Ancol kembali beroperasi. Semuanya demi menjaga agar semua pihak yang berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dapat tetap beraktivitas dengan optimal dan dapat kembali dengan selamat.

Editor: Syamsul Azhar


Terbaru