Tangerang bikin hutan kota baru seluas 17.200 m2

Sabtu, 01 Oktober 2016 | 08:45 WIB   Reporter: Hendra Gunawan
Tangerang bikin hutan kota baru seluas 17.200 m2


TANGERANG. Paramount Land bersama pemerintah Kabupaten Tangerang membuat Hutan Kota di Tigaraksa, Tangerang seluas 17.200 meter persegi (m2).

Hutan Kota ini ditumbuhi oleh 469 pohon yang terdiri dari pohon pelindung seperti trembesi, flamboyan merah, asam kranji, mahoni, pulai dan pohon aksen seperti tabebuia pink dan kuning, pohon kupu-kupu, dadap merah, semak berbunga dan lainnya.

Hutan kota ini juga dilengkapi dengan fasilitas jogging track sepanjang 727,6 m2, area drop off, signage lokasi, papan informasi serta lampu taman di sepanjang area tersebut.

Ervan Adi Nugroho, Presiden Direktur Paramount Land mengatakan setiap wilayah harus memiliki hutan kota yang berfungsi selain sebagai filterisasi udara dan paru-paru kota, juga sebagai sarana rekreasi atau olahraga masyarakat.

“Tangerang merupakan salah satu kota penyangga DKI Jakarta yang menuntut aktivitas, mobilitas yang tinggi sehingga harus diimbangi dengan kenyamanan dan kualitas hidup masyarakatnya,” katanya, Jumat (30/9).

Wakil Bupati Tangerang, H. Hermansyah berharap ruang terbuka hijau ini bermanfaat bagi masyarakat Tangerang. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah yang ingin menjadikan seluruh lahan di Kabupaten Tangerang menjadi hijau sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika, dan sekaligus dapat berfungsi untuk penyerapan karbon.

Apalagi saat ini banyak lahan terbuka hijau di Tangerang yang fungsinya beralih menjadi kawasan industri, perdagangan, dan lainnya. Sehingga, dengan perkembangan ekonomi tersebut membuat ekologi menurun drastis.

“Kami juga ingin mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan kepedulian akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon berkelanjutan,” kata Hermansyah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru