Terbang Malam Ini, Anies Kunjungi 3 Negara di Eropa Bahas Kerja Sama MRT

Selasa, 10 Mei 2022 | 10:25 WIB Sumber: Kompas TV
Terbang Malam Ini, Anies Kunjungi 3 Negara di Eropa Bahas Kerja Sama MRT


ANIES BASWEDAN - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengunjungi tiga negara di Eropa yakni Inggris, Jerman, dan Prancis. Kunjungan ketiga negara tersebut dilakukan untuk membahas kerja sama pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Demikian Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (10/5/2022).

"Pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi termasuk pembiayaan MRT tapi juga transportasi lainnya," kata Riza.

Menurut Riza, Anies Baswedan akan terbang ke Eropa pada Selasa (10/5) malam dengan tujuan kunjungan ke kota London, Berlin, dan Paris. Rencananya, sambung Riza, Anies Baswedan akan berada di Eropa selama delapan hari.

Baca Juga: Anies Baswedan Menghadiri Eksibisi Persija di Jakarta International Stadium

Lebih lanjut, Riza menambahkan, selain soal MRT, Anies ke Eropa juga dalam rangka memenuhi undangan dari komunitas di kawasan itu soal mobilitas dan transportasi. Lalu agenda yang ketiga, sambung Riza, yakni soal rencana kerja sama sister city dan smart city.

"Itu ada undangan. Jadi memang kepergian Pak Anies dan jajaran ada undangan," ujar Riza.

Untuk diketahui, Jakarta sudah memiliki kerja sama sister city dengan sejumlah kota di dunia di antaranya Jeddah, Seoul, Islamabad, Rotterdam, Tokyo, Los Angles, Casablanca, dan Beijing.

Lalu, Arkansas, Berlin, New South Wales, Paris, Bangkok, Hanoi, Istanbul, Maputo, Kyiv, Moskow, Al Qud's As Shareef atau Jerusalem, Pyongyang hingga Budapest.

Terkait transportasi, sebelumnya Anies mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh atau pejabat dari luar negeri salah satu di antaranya dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan ketika berkunjung ke Indonesia pada Rabu (23/2/2022).

Dalam pertemuan dibahas perihal potensi kolaborasi antara Jakarta dan Inggris dalam berbagai program terkait iklim apalagi Jakarta memiliki target untuk mencapai zero emission pada tahun 2050.

Baca Juga: Anies Baswedan Bangun Kampung Bayam, untuk Warga Terdampak Pembangunan JIS

Tidak hanya itu, pertemuan membahas transportasi umum di Jakarta, khususnya elektrifikasi transportasi umum massal serta pengembangan rute MRT Jakarta.

"Jakarta menyambut baik prakarsa potensi keterlibatan Inggris dalam bersama-sama membangun MRT Timur-Barat ini. Insya Allah, semua berjalan lancar," ucap Anies Baswedan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Anies Baswedan Kunjungi 3 Negara di Eropa Bahas Kerja Sama MRT, Berangkat Malam Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru