Tidak Ada Car Free Day di Jakarta Pekan Ini, Mengapa?

Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:04 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak Ada Car Free Day di Jakarta Pekan Ini, Mengapa?

ILUSTRASI. Karena bertepatan dengan perayaan Imlek, Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) pada Minggu (22/1/2023).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Minggu, 22 Desember 2022. Terkait hal itu, Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD) pada hari yang sama. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, penerapan kebijakan itu mengacu kepada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada pasal 5 ayat (1). 

Dijelaskan bahwa pelaksanaan HBKB dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan dilaksanakan kegiatan yang bersifat khusus. 

Kegiatan yang dimaksud baik kegiatan nasional maupun kegiatan internasional, di mana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan khusus. 

“Pelaksanaan HBKB di lima wilayah kota administrasi pada 22 Januari 2023 juga ditiadakan,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (20/1/2023). 

Baca Juga: 18 Ucapan Selamat Imlek 2023 dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris paling Populer

Oleh sebab itu, lantaran tidak dilakukan penutupan jalan pada ruas Jalan MH Thamrin - Jalan Jendral Sudirman, masyarakat diminta tidak beraktivitas di sekitar jalan tersebut. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama. 

Sebagai informasi, berkaitan dengan hari besar keagamaan itu, Pemerintah menetapkan hari Senin, 23 Januari 2023 sebagai tanggal merah dalam rangka cuti bersama Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tahun Baru Imlek, Car Free Day Jakarta Libur Akhir Pekan Ini"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru