Tungku Smelter Meledak di Morowali, 12 Orang Dikabarkan Meninggal

Minggu, 24 Desember 2023 | 12:40 WIB Sumber: TribunNews.com
Tungku Smelter Meledak di Morowali, 12 Orang Dikabarkan Meninggal

ILUSTRASI. Sebanyak 12 orang tewas dalam ledakan tungku smelter PT ITSS di areal PT IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023).


INSIDEN LEDAKAN - MOROWALI. Peristiwa ledakan tungku smelter terjadi Morowali, Minggu (24/12). Sedikitnya 51 pekerja PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) menjadi korban terdampak ledakan tungku smelter, Minggu (24/12). Rinciannya, data diperoleh TribunPalu.com, 39 pekerja mengalami luka berat dan ringan, 12 orang meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kecelakaan kerja terjadi sekitar pukul 05.30 WITA.

Korban meninggal dunia terdiri dari 7 pekerja Indonesia dan 5 Tenaga Kerja Asing (TKA)

Kecelakaan kerja terjadi di salah satu pabrik pengolahan nikel milik PT ITSS. PT ITSS sendiri merupakan tenant yang beroperasi di Kawasan PT IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah.

Musibah bermula dari kecelakaan yang dialami sejumlah pekerja saat melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku.

Baca Juga: Cari Investor untuk Pabrik di Morowali, Nickel Industries Undang Tesla

Hasil investigasi awal manajemen PT IMIP menyebutkan, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan.

Adapun di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku.

Akibatnya, ledakan petama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak.

Kebakaran tungku berhasil dipadamkan pukul 09.10 WITA.

Adapun pekerja yang menjadi korban kecelakaan telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP.

Informasi awal yang dihimpun dari Klinik IMIP hingga pukul 10.00 WITA, jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang.

"Saat ini PT IMIP terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi hingga penanganan korban. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, seluruh biaya perawatan bagi korban akan ditanggung oleh manajemen PT IMIP, termasuk berupa uang santunan duka kepada keluarga korban," Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan.

PT IMIP masih berkoordinasi untuk penanganan krisis seluruh aspek, antara lain mencakup penyiagaan keamanan dan keselamatan karyawan, klinik medis, sekuriti, dan penyediaan informasi kepada publik.

Saat ini, beberapa korban yang berhasil diidentifikasi, dan atas permintaan pihak keluarga korban, jenazah mereka hari ini telah diterbangkan ke kampung halaman masing-masing.

Penulis: Muh Ruliansyah
Editor: mahyuddin

Artikel ini telah tayang di TribunPalu.com dengan judul "Tungku Smelter Meledak di Morowali: 51 Pekerja Terdampak, 39 luka-luka, 12 Tewas Termasuk TKA".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru