Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Umum Mulai 27 Juli

Rabu, 12 Juli 2023 | 15:16 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Umum Mulai 27 Juli

ILUSTRASI. Uji coba terbatas Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan dilakukan dalam dua tahap.


LRT - JAKARTA. Uji coba terbatas Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan dilakukan dalam dua tahap.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, dalam uji coba tahap pertama dilakukan mulai 12-26 Juli ini. Tahap pertama LRT Jabodetabek akan melayani sebanyak 22 perjalanan setiap hari khusus untuk stakeholder terkait.

"Jadi rekan-rekan semua 12 - 26 Juli akan ada 22 perjalanan setiap hari dan ini yang kita undang stakeholder pihak terkait," jelas Didiek dalam konferensi pers uji coba LRT, Rabu (12/7).

Sementara untuk masyarakat umum akan diikutkan pada uji coba terbatas tahap dua mulai 27 Juli-15 Agustus mendatang.

"Nah untuk tanggal 27 Juli-15 Agustus nantinya akan ada 434 perjalanan setiap harinya untuk masyarakat umum," jelas Didiek.

Baca Juga: Tarif LRT Jabodetabek Bakal Mencapai Rp 25.000 untuk Rute Terjauh

Ia mengatakan, dalam tahap kedua ini pemerintah sekaligus upaya pemerintah dalam rangka sosialisasi dan edukasi bagi calon penumpang serta uji coba sistem ticketing. Termasik di dalamnya sistem pembayaran, integerasi antarmoda, aksesbilitas, fasilitas pelayanan dan pengaturan parkit LRT Jabodetabek.

Ia mengatakan pendaftaran untuk uji coba terbatas yang diikuti masyarakat umum telah ditutup. Ia berujar hanya dalam waktu kurang dari 3 jam pendaftaran dibuka, terdapat 24 ribu pendaftar yang ingin ikut serta uji coba LRT Jabodetabek.

"Untuk itu tidak menutup kemungkinan nanti akan kita tambah untuk mengadaptasi penumpang lain yang ingin mencoba LRT," terang Didiek.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba LRT Jabodetabek ini salah satu upaya pemerintah memastikan proyek LRT aman untuk digunakan sebelum di resmikan pada Agustus mendatang.

"Kita lakukan pengoperasian uji terbatas ini menandakan bahwa kita sangat hati-hati dalam proyek ini," kata Budi dalam konferensi pers uji coba LRT Jabodetabek di Stasiun LRT Jabodetabek Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/7).

Budi menjelaskan asek kemanan dan keselamatan LRT Jabodetabek sudah dikaji dengan matang.

Menurutnya, proyek ini telah tersistem dengan baik. Ia mencontohkan saat LRT andaikata berhenti secara tiba-tiba sebelum sampai stasiun, LRT Jabodetabek bisa langsung menggunakan cadangan baterai untuk berjalan menuju stasiun terdekat.

Ia pun mengatakan uji coba yang akan dilakukan hingga 15 Agustus ini sekaligus mengevaluasi apa saja yang kurang dari proyek LRT Jabodetabek.\

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodebek, Menhub Pastikan Keamanannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru