Upaya Mengentaskan Stunting dan Pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta

Kamis, 21 September 2023 | 10:03 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Mengentaskan Stunting dan Pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta

Aldi Imam Wibowo, Ketua Forum CSR Provinsi DKI Jakarta periode 2023-2028, yang terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah III Forum CSR DKI Jakarta, di Hotel Mercure, Jakarta Kota, Rabu (20/9/2023).


STUNTING -  JAKARTA. Pengentasan stunting menjadi salah satu program unggulan dari Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, program lainnya meliputi pemberdayaan UMKM, kebersihan lingkungan, dan penciptaan entrepreneur muda yang inovatif.

"Forum CSR adalah mitra strategis pemerintah dalam mengatasi persoalan masyarakat. Salah satunya, stunting," ujar Aldi Imam Wibowo, Ketua Forum CSR Provinsi DKI Jakarta periode 2023-2028, saat Musyawarah Daerah III Forum CSR DKI Jakarta seperti di kutip, Rabu (20/9/2023).

Berdasarkan data, Indonesia menduduki peringkat kedua di Asia untuk jumlah anak yang mengalami stunting dan kelima di dunia. "Ini menjadi keprihatinan kita. Semua pihak, termasuk para pengusaha, harus terlibat aktif untuk menurunkan angka stunting," tegas Aldi.

Baca Juga: Target Penerimaan Pajak Dinaikkan Menjadi Rp 1.988,8 Triliun pada 2024

Aldi mengajak para pengusaha untuk mengalokasikan CSR mereka dalam membantu penanganan stunting. Menurut Aldi, pendekatan yang akan diterapkan meliputi tindakan preventif melalui penyuluhan ke masyarakat dan preemtif dengan pemberian bantuan bagi anak yang terkena stunting.

Forum CSR juga akan bersinergi dengan pengusaha di KADIN DKI Jakarta dan berbagai asosiasi lainnya. Mengenai keterlibatan pemuda di Forum CSR DKI Jakarta, Aldi menjelaskan hal tersebut bertujuan untuk akselerasi dalam membantu warga Jakarta.

Forum CSR DKI Jakarta juga fokus pada pemberdayaan UMKM. "Ini bagian dari upaya kami untuk menggerakkan perekonomian Ibu Kota," kata Aldi.

Acara Musda Forum CSR DKI Jakarta dibuka oleh Plt Gubernur DKI Jakarta, diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI Jakarta, Widyastuti. Turut hadir Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi, dan Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Basayut.

Baca Juga: Agar Lebih Fokus, ID FOOD Bakal Regrouping 16 Anak Perusahaan Jadi 7

Widyastuti mengajak Forum CSR DKI Jakarta untuk memperkuat kemitraan dengan perusahaan dan Pemprov DKI, terutama dalam penurunan stunting. "Di Jakarta, masih ada anak-anak yang mengalami stunting," kata Premi Lasari.

Diana Dewi dari KADIN DKI Jakarta menegaskan kesediaannya untuk berkolaborasi dengan Forum CSR DKI dalam penanganan stunting.

Setelah terpilih, Mahir Basayut menyerahkan pataka kepada Aldi Wibowo. Acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan Rika Lestari dari PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dan Plt. Direktur Utama PT Angkasa Pura Suport   I Dewa Gede Mahayana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru