Update Proyek IKN: Istana Presiden/Wapres dan Kantor di IKN Dibangun Desember

Rabu, 30 November 2022 | 06:21 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Update Proyek IKN: Istana Presiden/Wapres dan Kantor di IKN Dibangun Desember

ILUSTRASI. Plang nama titik lokasi pembangunan Istana Presiden di IKN. Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan istana kepresidenan dan wakil presiden di IKN akan dimulai pada Desember.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan depan, megaproyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dipacu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan gedung pemerintahan seperti kementerian serta istana kepresidenan dan wakil presiden di IKN akan dimulai pada Desember mendatang.

"Yang berkaitan dengan pembangunan kementerian, istana presiden dan wakil presiden (wapres) di IKN juga sudah, bulan Desember sudah dimulai," tutur Jokowi dalam keterangan pers Presiden di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11).

Jokowi menyampaikan, pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur pada kawasan inti IKN. Seperti infrastruktur untuk kebutuhan air baku.

"Untuk IKN ini kita sudah memulai untuk infrastrukturnya sudah, dam untuk suplai air baku ke IKN sudah, selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Telah Kontrak 22 Proyek Senilai Rp 15,01 Triliun di IKN Nusantara

Kemudian atas permintaan dari Suku Dayak, akan dibangun Dayak Center di IKN. Jokowi mengatakan, penentuan lokasi Dayak Center juga akan segera dilakukan.

"Nanti juga atas permintaan dari suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya," ungkapnya.

Jokowi menegaskan, pemindahan ibukota tak hanya sekedar memindahkan fisiknya. Namun, juga bagaimana dengan pemindahan Ibukota akan menciptakan cara kerja dan mind set yang baru.

"Kita tidak hanya pindahkan fisiknya, tapi yang kita inginkan bagaimana kita bekerja dengan cara-cara baru. Kedua mindset baru, baik di pemerintahan, cara kerja itu yang kita inginkan," tuturnya.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN: Minat Investasi di IKN Melonjak 39 Kali Lipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru