Usai Bukit Duri, Ahok segera gusur Kemang

Kamis, 29 September 2016 | 12:43 WIB Sumber: Kompas.com
Usai Bukit Duri, Ahok segera gusur Kemang


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan, kawasan pinggiran Kali Krukut di Kemang, Jakarta Selatan, menjadi target penggusuran selanjutnya.

Ia menyatakan, penggusuran Kali Krukut akan dilakukan setelah beresnya seluruh proses penggusuran kawasan pinggiran Kali Ciliwung di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

"Jadi next project yang dekat ini Krukut, karena Kemang sudah akut. Ada 500 lebih bangunan yang akan kena," katanya di Pasar Nangka Bungur, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (29/9).

Seperti di Bukit Duri, Ahok menyatakan, penggusuran di Kemang juga akan menyasar bangunan yang tidak bersertifikat ataupun bersertifikat. Untuk yang bersertifikat, Pemprov DKI akan menyelesaikan pembayaran ganti rugi lewat proses konsinyasi di pengadilan.

Ahok belum memastikan tanggal eksekusi penggusuran kawasan pinggiran Kali Krukut di Kemang. Namun, ia memberi sinyal penggusuran dilakukan dalam upaya persiapan menghadapi puncak La Nina. Puncak La Nina di Indonesia  diprediksi akan terjadi pada Februari 2017.

"Tahun ini akan kami beresin karena kejar La Nina," ucap Ahok.

Ahok sebelumnya pernah menyatakan, saat ini, lebar Kali Krukut sudah menyempit dan jauh dari ukuran ideal. Ia menyebut, saat ini lebar Kali Krukut hanya tinggal 6-7 meter dari lebar ideal 20 meter. Kondisi itulah yang diyakininya membuat Kemang menjadi kawasan yang rentan banjir pasca-hujan deras. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru