Volume Kendaraan di Tol Cipali Berangsur Turun

Rabu, 10 April 2024 | 07:30 WIB   Reporter: Aurelia Lucretie
Volume Kendaraan di Tol Cipali Berangsur Turun

ILUSTRASI. Volume kendaraan di tol Cikopo-Palimanan turun mendekati Lebaran 2024


LEBARAN - JAKARTA. Jumlah kendaraan yang melintas di ruas Tol Cikopo-Palimanan menunjukkan, penurunan menjelang Lebaran 2024 yang jatuh pada Rabu, (10/4).

Pada Senin, (8/4) tercatat oleh Astra Infra bahwa terdapat penurunan volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali hingga 24,1% dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan dibandingkan lalu lintas hari biasa, volume kendaraan masih tergolong tinggi yaitu naik sebesar 96% atau sebanyak 96.538 kendaraan.

Lalu lintas di ruas Tol Cipali terpantau ramai lancar.

Menurut data Astra Infra, puncak arus mudik di Tol Cipali berlangsung pada 5-7 April 2024 yang lalu atau H-5 sampai H-3 Lebaran. 

Baca Juga: Menhub Evaluasi Kondisi Arus Mudik di Empat Gerbang Tol Utama Keluar Jakarta

Puncak tertinggi arus mudik di Tol Cipali telah berlangsung pada Sabtu, (6/4) yang lalu dengan peningkatan volume kendaraan di atas lalu lintas hari biasa hingga 130% atau sebanyak 134.715 kendaraan. Naik dari hari sebelumnya sebanyak 111.260 kendaraan.

Pemerintah sendiri dalam hal ini Kementerian Perhubungan telah berupaya untuk memajukan hari puncak arus mudik dengan menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dan pulang lebih akhir.

Imbauan ini bertujuan untuk mengurai kepadatan kendaraan agar tidak menumpuk pada satu hari saja. 

"Anjuran kita adalah H-5 dan seterusnya itu lebih prefer untuk dilakukan. Sebaliknya untuk pulangnya juga lebih akhir," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (2/4). 

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik akan jatuh pada 14-15 April 2024 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru