Peristiwa

Wagub Jatim dukung Wamendag optimalkan perdagangan di Jawa Timur

Jumat, 11 Juni 2021 | 10:29 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Wagub Jatim dukung Wamendag optimalkan perdagangan di Jawa Timur

ILUSTRASI. Wamendag Jerry Sambuaga saat meninjau gudang SRG bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Senin(25/1).


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut ajakan sinergi Wamendag Jerry Sambuaga untuk optimalkan perdagangan di Jawa Timur. Hal itu disampaikan dalam pertemuan keduanya di Surabaya beberapa hari yang lalu. 

"Kami menyambut baik dan siap bersinergi dengan Kemendag untuk optimalisasi perdagangan Jawa Timur. Pak Wamen sendiri memberikan atensi khusus dalam perdagangan masyarakat sebagai salah satu instrumen untuk membangkitkan ekonomi dari dampak Covid-19." Kata Wagub Jatim Emil Dardak, Jumat (11/6).

Jawa Timur adalah salah satu kontributor penting ekonomi nasional baik dari sisi perdagangan, produksi maupun ekonomi secara umum. Menurut data, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim menyumbang 14,57% dari PDB Nasional. Karena itu Jatim menjadi salah satu daerah yang diberikan perhatian khusus oleh Wamendag.

Jerry berkunjung ke Jawa Timur berkaitan dengan fungsionalisasi dan optimalisasi sistem resi gudang (SRG). Maka kesempatan bertemu dengan Emil ini dimanfaatkan untuk mengajak dan meminta dukungan Wagub Jatim itu. Menurut Jerry, Kepala Daerah menjadi ujung tombak bagi optimalisasi peran SRG.

Baca Juga: Wamendag dorong peningkatan pemanfaatan fungsi sistem resi gudang (SRG) di Jatim

"Kemendag sudah menghibahkan Gudang SRG ke Pemda. Karena itu pelaku utamanya saat ini adalah daerah sendiri. Itulah sebabnya saya tak bosan-bosan ke daerah dalam rangka sosialisasi dan mengajak bupati dan anggota legislatif untuk mendukung agar SRG berfungsi sebagaimana mestinya." Kata Jerry.

Menanggapi hal itu, Emil menyambut ajakan Jerry. Emil bahkan ingin agar BUMD juga dilibatkan dalam pemberdayaan SRG. Ia berharap dengan begitu SRG bisa berfungsi optimal dalam kesejahteraan masyarakat sekaligus dalam menyumbang Pendapat Asli Daerah (PAD).

Kepada Emil, Wamendag juga bertukar pikiran mengenai stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok. Menurut Jerry dua hal itu menjadi fokus dan prioritas Kemendag. Pasokan dan harga yang stabil dan terkendali  menjadi salah satu indikator dalam menghadirkan negara dan menunjukkan keberpihakan Pemerintah kepada rakyat.

"Arahan Presiden bahwa masyarakat harus bisa mendapatkan pasokan kebutuhan dengan baik dan harganya terjangkau. Ini harus dikawal," kata Jerry.

Selain itu, kedua pejabat muda itu juga sepakat mengenai pengembangan ekspor nasional. Jawa Timur menjadi salah satu sentra ekspor khususnya dari Indonesia Timur. Surabaya dengan pelabuhan Tanjung Perak mempunyai sistem logistik dan transportasi level internasional. 

Wamendag berharap sinergi Pusat dan Pemprov Jatim bisa meningkatkan kinerja ekspor dan kinerja sektor-sektor pendukungnya.

Selanjutnya: Dirut RNI: Kita juga Kedepankan Bisnis Komersial

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru