Waktu Operasional Ditambah, Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Meningkat 14%

Jumat, 16 Februari 2024 | 14:50 WIB   Reporter: Vina Elvira
Waktu Operasional Ditambah, Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Meningkat 14%

ILUSTRASI. Jumlah pengguna LRT Jabodebek tercatat mengalami peningkatan hingga 14%. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.


TRANSPORTASI - JAKARTA. Jumlah pengguna LRT Jabodebek tercatat mengalami peningkatan hingga 14%. Peningkatan ini terjadi  Sejak KAI melakukan penambahan jumlah perjalanan dan perpanjangan waktu operasional layanan LRT Jabodebek. 

Pada saat periode penerapan jumlah perjalanan dan perpanjangan waktu layanan operasional yang diberlakukan mulai 16 Januari hingga 14 Februari lalu, KAI mencatat sebanyak 1.190.973 pengguna sudah menggunakan layanan LRT Jabodebek.

Jika dibandingkan dengan jumlah pengguna LRT Jabodebek pada bulan Desember terjadi pertumbuhan pengguna 14%, karena pada bulan tersebut tercatat jumlah yang menggunakan LRT Jabodebek sebanyak 1.029.686 pengguna.

Baca Juga: Resmi! LRT Jabodebek Ditetapkan Sebagai Objek Vital Nasional

"Bahkan jika kita bandingkan dengan bulan November, pertumbuhannya bisa mencapai 25%, dimana pada bulan tersebut jumlah pengguna LRT Jabodebek tercatat sebanyak 890.728 pengguna," ungkap Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, dalam siaran pers, Jumat (16/2). 

Mahendro mengatakan bahwa peningkatan jumlah pengguna ini memang sangat dipengaruhi oleh faktor penambahan perjalanan dan juga perpanjangan waktu layanan operasional.

KAI menilai bahwa trend peningkatan jumlah pengguna LRT Jabodebek akan berlanjut seiring dengan semakin meningkatnya kepercayaan publik akan keandalan moda transportasi yang belum genap 1 tahun beroperasi ini. 

KAI sebagai operator LRT Jabodebek yang ditunjuk pemerintah senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, sehingga LRT Jabodebek dapat memenuhi harapan serta terus menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. 

“Hal ini tentunya sejalan program pemerintah untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal guna mengurai kemacetan serta mengurangi polusi udara,” tambahnya. 

Seperti diketahui, KAI telah melakukan penambahan jadwal perjalanan dan perpanjangan jam operasional LRT Jabodebek mulai 16 Januari lalu. Hal ini dilakukan guna mengakomodir dan menjawab kebutuhan pengguna LRT Jabodebek. 

Baca Juga: Pengguna Bertambah, Jam Operasional LRT Jabodebek Diperpanjang Sampai Jam 23:03 WIB

Dengan penyesuaian ini, jadwal perjalanan LRT Jabodebek meningkat menjadi 264 perjalanan pada hari kerja (weekday) dan 240 perjalanan pada akhir pekan, hari libur nasional, maupun cuti bersama yang ditetapkan pemerintah (weekend).

Pada periode tersebut, jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada Rabu, 7 Februari 2024 dengan sebanyak 57.667 pengguna yang menggunakan layanan LRT Jabodebek. Sejak beroperasi secara komersial pada 28 Agustus tahun lalu, LRT Jabodebek telah melayani 6.300.097 pengguna.

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru