Jabodetabek

Wali Kota Depok: Wisma Makara UI siap tampung 150 pasien corona bergejala ringan

Jumat, 25 September 2020 | 14:19 WIB Sumber: Kompas.com
Wali Kota Depok: Wisma Makara UI siap tampung 150 pasien corona bergejala ringan

ILUSTRASI. Wali Kota Depok Mohammad Idris berkunjung ke Redaksi Warta Kota di Kompleks Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019). Warta Kota/Alex Suban


KONTAN.CO.ID - DEPOK. Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebut, Wisma Makara Universitas Indonesia (UI) di Depok sudah siap digunakan dalam waktu dekat sebagai tempat isolasi pasien positif corona (Covid-19).

Rencananya, Wisma Makara UI bakal dipakai sebagai lokasi isolasi mandiri pasien positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan yang rumahnya tak memungkinkan untuknya lakukan isolasi mandiri.

"Wisma dedikasi (pasien positif Covid-19) yang saat ini sudah setuju, tinggal menandatangani, yaitu Wisma Makara UI," ujar Idris kepada wartawan, Jumat (25/9).

"Itu juga bisa membantu untuk mengalihkan atau mengarahkan pasien positif yang ringan dan tanpa gejala," kata dia.

Baca Juga: Jakarta Selatan, Kota Bekasi, wilayah Tangerang kembali masuk zona merah Covid-19

Idris melanjutkan, total ada 150 tempat tidur yang akan disediakan di Wisma Makara UI. Jumlah kamar yang disediakan mencapai 67 ruangan.

Sebelumnya, desakan agar Depok segera mencari tempat khusus isolasi pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan muncul ke permukaan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) maupun epidemiolog menyampaikan keresahan senada karena kasus Covid-19 di Depok terus melonjak. Tanpa lokasi khusus isolasi, pasien positif Covid-19 tanpa gejala/bergejala ringan di Depok dikhawatirkan akan menularkan virus corona ke keluarga maupun lingkungan sekitar.

Namun, hingga saat ini, lanjut Idris, baru Wisma Makara UI yang menyatakan diri bersedia. Padahal, pemerintah pusat melalui BNPB sudah mengarahkan pemerintah daerah supaya mencari penginapan swasta yang dapat dialihfungsikan sebagai lokasi isolasi pasien positif Covid-19.

"Memang ada arahan dari BNPB dan dari Satgas Covid-19 untuk kami bisa kerjasama dengan hotel-hotel," kata Idris.

"Barangkali nanti kami akan melaporkan kondisi seperti ini, barangkali BNPB bisa membantu kami memfasilitasi atau memediasi kami untuk menjadikan beberapa hotel tempat transit jika akan terus begini (kasus Covid-19 terus meningkat)," ujar dia.

Berdasarkan data, Kota Depok masih mencatatkan diri sebagai wilayah dengan laporan kasus Covid-19 tertinggi di wilayah Bodetabek dan Jawa Barat.
Secara total, Pemerintah Kota Depok sudah melaporkan 3.547 kasus positif Covid-19, dengan 2.485 pasien di antaranya diklaim sembuh, dan 121 lainnya meninggal dunia. Saat ini masih ada 907 pasien positif Covid-19 di Depok yang sedang ditangani.

Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Egidius Patnistik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisma Makara UI Siap Tampung 150 Pasien Covid-19 Bergejala Ringan".

 

Selanjutnya: Luhut: Perlu pengetatan protokol kesehatan di Botabek

 

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru