Warga Bandung diminta siap hadapi Siklon Dahlia

Jumat, 01 Desember 2017 | 19:05 WIB Sumber: Antara
Warga Bandung diminta siap hadapi Siklon Dahlia


CUACA EKSTREM - BANDUNG. Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) mengimbau masyarakat Kota Bandung untuk waspada terhadap pohon tumbang dan potensi papan reklame roboh seiring dengan adanya Siklon Dahlia.

"Dari cuaca ekstrem yang terjadi tak hanya di Kota Bandung tapi secara nasional seperti info dari BMKG. Masyarakat Bandung harus waspada terhadap pohon tumbang," ujar kepala Diskar PB Bandung Ferdi Ligaswara di Bandung, Kamis.

Ferdi mengatakan berdasarkan data dari BMKG, Siklon Dahlia yang terjadi di sebelah barat daya Bengkulu dan dekat dengan pesisir Jawa Barat bagian selatan, berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Masyarakat pun diminta waspada jika terjadi hujan lebat dan menjauhi daerah sekitar aliran sungai.

Selain itu, bagi warga yang berada di sekitar lereng bukit atau di Kawasan Bandung Utara (KBU) untuk mewaspadai potensi longsor.

"Kita harus mewaspadai banjir kiriman, banjir lokal, erosi di bantaran sungai di mana arus sangat keras kemudian longsor di tebing seperti KBU. Dari berbagai sisi masyarakat harus waspada. Kami dari dinas `on time` menyiapkan personil, relawan juga siap menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Berdasarkan data sementara di lapangan, kata Ferdi, dua papan reklame yang masing-masing terletak di Jalan Setiabudi dan Jalan Tamansari akan roboh, akibat terpaan angin kencang.

Sementara laporan lainnya, dua pohon ikut tumbang yang terletak di Jalan Lembong dan di Jalan BKR.

Saat ini belum ada informasi mengenai adanya korban, petugas di lapangan pun tengah melakukan evakuasi terhadap dua kejadian tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru