DKI Jakarta

Zona merah corona di Jakarta Barat tersisa empat wilayah, ini rinciannya

Kamis, 09 Juli 2020 | 07:49 WIB Sumber: Harian Kompas
Zona merah corona di Jakarta Barat tersisa empat wilayah, ini rinciannya

ILUSTRASI. Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan update corona di Jakarta 8 Juli 2020. Foto: PPID Provinsi DKI Jakarta, Data disarikan dari Tim Riset KONTAN, Infografik Syamsul Ashar

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Zona merah corona di Jakarta Barat tersisa di empat wilayah. Meski demikian, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi meminta warganya untuk tetap waspada dan mematuhi protokol penyebaran virus corona.

Zona merah di wilayah Jakarta Barat adalah RW 002 Duri Kepa, RW 005 Kota Bambu Selatan, RW 005 Jatipulo, dan RW 009 Jembatan Besi. Hingga Rabu 8 Juli 2020 siang, total ada 1.916 warga Jakarta Barat yang positif Covid-19.

Baca juga: Bappeda DKI: Reklamasi Ancol lanjutan proyek Pulau L zaman Ahok 

"Berdasarkan data yang saya terima, jumlah warga Jakarta Barat yang positif Covid-19 ada 1.916, sedangkan yang wafat 134 orang. Artinya Jakarta Barat masih mengkhawatirkan sampai saat ini," ucap dia.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota masih terus melakukan tracing karena tidak ingin penyebaran Covid-19 kembali meluas. Tracing dianggap penting guna mencegah terjadinya kematian dan menyusun strategi penangan di wilayah. "Kita tidak perlu takut dengan angka positif yang tinggi. Terpenting kita jaga agar kematian tidak melonjak," jelas Rustam.

Jumlah pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 344 orang per hari ini. Dengan demikian, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta adalah 13.069 orang.

Informasi penambahan pasien tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti melalui keterangan tertulis.  Widyastuti menjelaskan, 51 orang dari total penambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta merupakan WNI yang baru kembali dari luar negeri.  "Warga Negara Indonesia yang baru kembali dari luar negeri beralamat tinggal dari berbagai provinsi, namun untuk sementara transit dan menjalani isolasi di Jakarta sebanyak 51 orang," kata Widyastuti, Rabu. 

Sementara itu, sebanyak 36 orang dari total penambahan kasus merupakan laporan kasus akumulasi dalam satu bulan terakhir yang baru dilaporkan dari salah satu Laboratorium Rumah Sakit. Sisanya, yakni 257 orang, merupakan penemuan kasus baru dari rumah sakit dan puskesmas, baik dari pasien, hasil contact tracing maupun active case finding. 

Baca juga: UPDATE corona di Jakarta 8 Juli positif 13.069 sembuh 8.429 meninggal 667 

Dari total keseluruhan pasien positif Covid-19 di Jakarta, 8.424 pasien telah dinyatakan sembuh, sementara pasien Covid-19 yang meninggal dunia berjumlah 667 orang.  "Sampai dengan hari ini kami laporkan, 417 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.561 orang melakukan self isolation di rumah," jelas Widyastuti.

(Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Ada Empat Zona Merah Covid-19 di Jakarta Barat", 
 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru