Jakarta bangun 9 jembatan layang tahun ini

Jumat, 20 Mei 2016 | 12:01 WIB Sumber: Antara
Jakarta bangun 9 jembatan layang tahun ini


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun ini mulai membangun sembilan jembatan layang (fly over).

"Tahun ini kami bangun sembilan yang modelnya seperti di Permata Hijau. Untuk beberapa lintasan ada yang ramai, ada juga yang bagian bawahnya ramai," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok di Jakarta, Jumat (20/5).

Pembangunan fly over pada beberapa kawasan seperti pada kawasan yang masih sepi, namun sekitar kawasan pembangunan lintasannya ramai. "Pembangunan di kawasan persilangan daerah yang sepi agar tidak ada penghentian lampu merahnya. Dan tahun depan sudah selesai semua," kata Ahok.

Proyek yang dibangun di antaranya flyo ver Semanggi. Jalan berbentuk lengkung lingkaran itu akan menghubungkan kendaraan dari arah Grogol menuju Senayan dan Sudirman menuju Cawang. "Pengaruhnya besar, mengurangi 30% kemacetan. Jadi orang berkendaraan tidak terhambat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Grogol," papar Ahok.

Dengan adanya fly over tersebut, kendaraan dari Jalan Gatot Subroto tak akan bertemu dengan kendaraan dari Jalan Sudirman di kolong jembatan.

Proyek senilai Rp 360 miliar itu dibiayai PT Mitra Panca Persada sebagai bentuk kompensasi. Perusahaan tersebut mengajukan izin Koefisien Lantai Bangunan (KLB) untuk gedung lain. Selain membiayai fly over, perusahaan membiayai infrastruktur di tempat lain yang membutuhkan dana sebanyak Rp 219 miliar.  (Susylo Asmalyah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru