Anies minta masyarakat jangan sampai berpandangan trotoar harus steril dari PKL

Minggu, 08 September 2019 | 14:23 WIB Sumber: Kompas.com
Anies minta masyarakat jangan sampai berpandangan trotoar harus steril dari PKL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


ANIES BASWEDAN - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak berpandangan bahwa trotoar harus bebas dari pedagang kaki lima ( PKL). Menurut Anies, trotoar memiliki banyak fungsi, bukan hanya untuk tempat pejalan kaki.

"Jangan sampai kita berpandangan bahwa trotoar harus steril dari PKL, trotoar hanya untuk pejalan kaki, tidak," ujar Anies di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (8/9).

Baca Juga: Anies minta masyarakat gunakan sepeda kayuh sebagai alat transportasi

Merujuk pada Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, trotoar memiliki banyak fungsi.

Fungsi yang dimaksud, yakni fungsi sosial dan ekologis, yakni aktivitas bersepeda, interaksi sosial, kegiatan usaha kecil formal, aktivitas pameran di ruang terbuka, jalur hijau (peneduh), dan sarana pejalan kaki dan jaringan utilitas.

Namun, pemanfaatan trotoar untuk kegiatan-kegiatan itu harus memenuhi sejumlah syarat dan tidak mengganggu fungsi utama trotoar untuk pejalan kaki. Pemprov DKI Jakarta pun akan menata trotoar di Ibu Kota sesuai ketentuan tersebut.

Penataan trotoar akan disesuaikan dengan karakteristik wilayah. "Kami akan menata, tidak semua tempat nantinya dibagi antara pejalan kaki dengan kegiatan ekonomi. Nanti ada tempat-tempatnya, nanti semuanya akan diatur," kata dia.

Baca Juga: Ingat, meski cuma menyeberang jalan saat ganji genap, tetap kena tilang

Anies kemudian menyinggung trotoar di kota-kota besar di dunia yang memiliki banyak fungsi. Trotoar di Jakarta juga nantinya akan dibuat seperti itu.

"Di seluruh dunia, kota-kota modern, maju, juga trotoarnya digunakan untuk kegiatan yang multi purposes, bukan hanya single purpose," ucap Anies.

Diberitakan sebelumnya, Anies ingin membagi trotoar yang sudah direvitalisasi untuk pejalan kaki dan PKL. Pemprov DKI Jakarta akan menentukan lokasi dan lebar trotoar yang bisa digunakan untuk PKL berjualan. (Nursita Sari)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Jangan Sampai Kita Berpandangan Trotoar Harus Steril dari PKL",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru