12 zebra cross di Jakarta akan diubah menjadi pelican crossing

Kamis, 26 Juli 2018 | 16:24 WIB   Reporter: Kiki Safitri
12 zebra cross di Jakarta akan diubah menjadi pelican crossing

ILUSTRASI. JPO BUNDARAN HI


DKI JAKARTA - JAKARTA. Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana mengganti 12 zebra cross menjadi pelican crossing. Hal ini dilakukan untuk mendukung penyetaraan kaum difabel. Ditambah lagi saat ini, Indonesia sedang bersiap menjadi tuan rumah Asian Para Games.

Wacana pelican crossing ini mulai disebut-sebut setelah pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana menurunkan JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) di Bundaran Hotel Indonesia. Hal ini langsung ditanggapi serius dan akan segera dijalankan.

“Yang jelas Sudirman-Thamrin saja sampai 12 (penyeberangan yang membutuhkan pelican crossing karena aktivitas lalu lintas pejalan kaki tinggi),” kata Andiyansyah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/7).

Beberapa kawasan yang akan dibangun pelican crossing antara lain, zebra cross istana RI, patung kuda Monas, Lampu merah Kebon Sirih, Sarinah, Bundaran HI, Blora, Sudirman, Casablanca, Atmajaya, Semanggi, Menpan-Senopati dan Patung Obor.

“Sebenarnya kalau di luar negeri, hampir setiap penyeberangan ada pelican crossing. Ini juga memberikan kesetaraan terhadap kaum difabel dan harus ada tombol pengeras suara. Di Jakarta, pelan-pelan, ini kan menyangkut masalah anggaran jadi yang diprioritaskan adalah jalan protokol yang tingkat lalu lintasnya sangat tinggi,” tegas Andriyansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru