2 Jet tempur F-16 berpatroli di perbatasan Timor Leste dan Australia

Selasa, 15 September 2020 | 10:04 WIB Sumber: Kompas.com
2 Jet tempur F-16 berpatroli di perbatasan Timor Leste dan Australia


PERTAHANAN DAN KEAMANAN - KUPANG. Sebanyak dua jet tempur F-16 menggelar patroli di wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste dan Australia. Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara El Tari Kupang Kolonel (Pnb) Bambang Juniar, mengatakan, patroli itu digelar sejak, Senin (14/9/2020) kemarin. 

Pesawat tempur canggih milik TNI AU itu dalam misi pengamaman perbatasan negara. "Patroli ini akan digelar selama empat hari hingga Kamis (17/9/2020) mendatang," ungkap Bambang kepada sejumlah wartawan, di Kupang, Selasa (15/9/2020). 

Selain dua jet tempur, lanjut Bambang, pihak TNI AU juga membawa satu helikopter. Bambang menyebut, jet tempur dari Skuadron 3 Lanud Iswahjudin Madiun ini akan melakukan penindakan, jika menemukan pelanggaran udara. 

Baca Juga: Rusia gelar latihan militer besar-besaran, Indonesia hadir sebagai pengamat?

Pelanggaran udara yang dimaksud Bambang yang dilakukan pesawat asing dan kegiatan ilegal di wilayah Indonesia. "Dua pesawat tempur tersebut akan melakukan penindakan jika selama operasi menemukan adanya pelanggaran oleh pihak asing di wilayah kedaulatan Indonesia," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Jet Tempur F-16 Patroli di Perbatasan Timor Leste dan Australia, Amankan Wilayah Udara"

Selanjutnya: Daftar 7 Pesawat tempur terbaik Jepang, satu di antaranya belum selesai dibuat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru