30% Kopi di Mesir datang dari Indonesia

Senin, 10 Oktober 2016 | 14:43 WIB Sumber: Antara
30% Kopi di Mesir datang dari Indonesia


GORONTALO. Kopi asal Tanah Air rupanya memimpin pasar di Mesir. Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy mengatakan, sekitar 30% kopi di Mesir merupakan pasokan dari Indonesia, dan saat ini menjadi pemimpin pasar.

"Ini yang menjadi alasan saya membawa calon investor asal Mesir ke Gorontalo, untuk mencari pemasok kopi, khususnya robusta," kata Helmy, Senin (10/10) pada kegiatan Indonesia Middle East Update (IMEU) 2016 yang digelar 9-11 Oktober 2016 di Gorontalo.

Dia menjelaskan, hubungan Indonesia dengan Mesir dari dulu sudah sangat erat. Ada kurang lebih 4.500 mahasiswa Indonesia yang studi di Mesir. Hubungan sosiokultur ini dikembangkan menjadi perdagangan investasi dan pariwisata.

"Pada semester pertama ini saja, volume perdagangan kedua negara ini hampir mencapai US$ 1 miliar, terus meningkat," jelasnya.

IMEU merupakan bentuk kerja sama yang kongkrit antara Kementerian Luanr Negeri yang dikoordinasikan Direktorat Timur Tengah bekerjasama dengan pemerintah daerah.

"Ini adalah wujud kerja sama yang kongkrit, antara kementerian luar negeri dengan pemerintah daerah untuk memajukan perekonomian di daerah," kata Staf ahli Kementerian Luar Negeri Ridwan Yasin.

Ia berharap semoga IMEU tahun ini dapat memberikan manfaat yang besar dan sumbangan yang nyata bagi pembangunan ekonomi di Provinsi Gorontalo, serta kerja sama dengan negara di Timur Tengah.

Dia menambahkan, Kemenlu melalui kedutaan besar RI di luar negeri tidak pernah berhenti melakukan promosi sepanjang tahun tapi juga memberikan kesempatan bagi daerah yang belum banyak dikenal dengan menawarkan berbagai potensi investasi.

"Namun hal terpenting untuk menjaga iklim investasi di daerah adalah mindset masyarakat untuk menerima orang asing bekerjasama di sini, untuk saling menguntungkan kedua belah pihak," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru