36 Negara meriahkan Tour de Singkarak

Sabtu, 03 Oktober 2015 | 10:20 WIB Sumber: Kompas.com
36 Negara meriahkan Tour de Singkarak


JAKARTA. Ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) edisi ketujuh kembali hadir di Sumatera Barat pada 3-11 Oktober 2015. Pada edisi kali ini, pebalap akan melintasi 18 kabupaten/kota dan menempuh jarak sejauh 1.341,5 km.

Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar, mengatakan, TdS merupakan ajang balap sepeda internasional yang paling besar ditonton dan paling meriah. Selain menjadi sarana mempromosikan Sumatera Barat, kegiatan ini juga diekspetasikan dapat memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi.

“Secara bertahap kegiatan ini telah melahirkan dampak multiplier ekonomi, antara lain bagi perhotelan, transportasi, kuliner, kerajinan, dan tujuan wisata. Bagi masyarakat Sumatera Barat sendiri, mega event ini akan memberi dampak positif bagi beragam sektor di sekitar wilayah yang masuk rute TDS. Ini adalah sport tourism. Kami ingin mempromosikan kebudayaan Indonesia, khususnya Sumatera Barat," ujar Sapta dalam rilis media, Sabtu (3/10).

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, menambahkan, Tour de Singkarak edisi ketujuh ini diikuti banyak tim yang berpengalaman dalam lomba balap sepeda internasional. Salah satunya adalah Track Team Astana. Tim asal Kazakhstan ini pernah mengikuti ajang balap Tour de France. "Tahun ini lebih menantang. Apalagi 21 tim itu berasal dari 36 negara," ujar Raseno melanjutkan.

Tour de Singkarak telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cyclist International (UCI) dan Amaury Sport Organization (ASO) sejak 2008. Menurut data yang mereka miliki, Tour de Singkarak yang masuk kelas UCI 2.2 menjadi salah satu ajang balap sepeda yang memiliki penonton terbanyak.

TdS kali ini akan diikuti 21 tim dari 36 negara berbeda. Di antaranya adalah Asian Racing Team (Jepang), Arbo Denzel Cliff (Austria), 7 Eleven Roadbike (Filipina), Holy Brother Cycling Team (Republik Rakyat Cina), Attaque Team Gusto (Taiwan), National Sports Council (Malaysia), dan Pegasus Continental Cycling Team (Indonesia).

Selain itu, ada juga Pishgaman Giant Team (Iran), St. George Merida Cycling Team (Australia), Singaha Infinite Cycling Team (Thailand), Team Diferdance Gigi Losch (Luksemburg), Track Team Astana (Kazakhstan), Uzbekistan National Team (Uzbekistan), serta beberapa tim terbaik yang akan dipilih PB ISSI untuk mengikuti kegiatan ini. 
(Tulus Muliawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru