79 pedagang terinfeksi corona, Wagub DKI: 12 pasar di Jakarta ditutup sementara

Minggu, 21 Juni 2020 | 08:37 WIB Sumber: Kompas.com
79 pedagang terinfeksi corona, Wagub DKI: 12 pasar di Jakarta ditutup sementara

ILUSTRASI. Warga duduk di depan papan nama Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis, (18/6/2020). Pasar Kebayoran Lama ditutup sementara setelah 14 orang pedagang dinyatakan positif COVID-19. ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, terdapat 79 pedagang di 12 pasar tradisional di Jakarta dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes swab massal oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

Saat ini, kata Riza, 79 pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 sudah melakukan isolasi mandiri. 

Dengan adanya pedagang yang positif Covid-19, 12 pasar tradisional itu ditutup sementara. "

Baca Juga: Pasar Kebayoran Lama ditutup sementara setelah 14 pedagang positif virus corona

Terhadap 12 pasar tersebut, kami melakukan penutupan sementara kemudian dibersihkan," ujar Riza dalam siaran pers Pemprov DKI, Sabtu (20/6) malam. 

Riza mengatakan, tes swab massal telah dilaksanakan terhadap para pedagang di 33 pasar tradisional di Jakarta. 

Berdasarkan hasil sementara, pedagang di 12 pasar dinyatakan terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2), pedagang di tujuh pasar dinyatakan negatif Covid-19, sedangkan pedagang di pasar-pasar lainnya masih menunggu hasil. 

Riza berujar, penutupan sementara 12 pasar bisa menjadi contoh pusat perbelanjaan lainnya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar. 

"Bisa menjadi contoh bagi semua pedagang, semua pasar, bahkan semua unit kegiatan masyarakat, perlu ada kedisiplinan, kepatuhan, dan ketaatan untuk mewujudkan kerja sama yang baik," ujar dia. 

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Kamis lalu, ada 137 pedagang di 18 pasar tradisional di Jakarta yang positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 49 pedagang di antaranya merupakan pedagang Pasar Induk Kramat Jati.

Baca Juga: Ada pedagang yang positif Covid-19 di delapan pasar di Jakarta

Jumlah kasus Covid-19 di Jakarta menembus angka 9.703 kasus hingga Sabtu kemarin. Rinciannya, 4.821 pasien dinyatakan telah sembuh, 603 pasien meninggal dunia, 1.340 masih dirawat, dan 2.939 pasien melakukan isolasi mandiri.

Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Nursita Sari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Wagub DKI: 79 Pedagang Positif Covid-19, 12 Pasar di Jakarta Ditutup Sementara"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru