kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ada car free night, ini rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin


Senin, 30 Desember 2019 / 21:55 WIB
Ada car free night, ini rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin
ILUSTRASI. Warga menyaksikan pesta kembang api saat malam pergantian tahun baru 2017 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/1/2016).

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Malam bebas kendaraan bermotor atau car free night akan diselenggarakan untuk perhelatan pesta malam pergantian tahun baru di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Untuk itu, ada beberapa rute jalan yang tak bisa dilalui seperti hari-hari biasa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yusuf menjelaskan ada 12 titik yang akan dilakukan rekayasa. Untuk informasi, car free night akan dimulai pukul 17.00 sampai dengan 24.00 WIB. "Pertama, arus lalu lintas di jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto/Jalan Gajah Mada," ujar dia di Polda Metro Jaya, Senin (30/12).

Kedua, arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira. Kemudian arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Merdeka Selatan ditutup, diluruskan ke Jalan Perwira.

"Arus lalu lintas dari jalan museum ke arah merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis," ujar dia. Sedangkan arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat ditutup diarahkan ke Jalan Abdul Muis.

Baca Juga: Mantan Dirut BEI Tito Sulistio: Tunjukkan kepada saya satu predator pasar modal

Arus lalu lintas dari Jalan Galunggung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke arah Tanah Abang, demikian juga sebaliknya dari arah Tanah Abang diluruskan ke Manggarai atau Pasar Rumput. Sedangkan arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya.

Untuk Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi atau arah dari barat ke Pancoran. "Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hang Lekir," kata dia.

Untuk arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju Bundaran Senayan diluruskan ke Jalan Hang Lekir. Begitu juga arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Hang Lekir.

Baca Juga: Waspadai curah hujan tinggi selama libur tahun baru, ini imbauan BMKG

Hal yang sama dilakukan di arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Hang Lekir atau diarahkan ke kiri Jalan Sisingamangaraja. "Terakhir, arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura," ucap Yusri.

Yusri mengatakan, dalam pengalihan arus tersebut akan dikerahkan sebanyak 1.597 personel. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Car Free Night, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Sudirman-Thamrin.




TERBARU

Close [X]
×